Tingkat Keterampilan Dasar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV, V, dan VI Putra SD Negeri 2 Bandungharjo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2010/2011

Hendri Taufiqurriza, 6101407118 (2011) Tingkat Keterampilan Dasar Permainan Sepak Bola Pada Siswa Sekolah Dasar Kelas IV, V, dan VI Putra SD Negeri 2 Bandungharjo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Teknik dasar merupakan fundasi bagi seorang pemain untuk dapat bermain sepak bola dengan baik. Tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola antara pemain satu dengan pemain lainnya berbeda tergantung seberapa besar motivasi seorang pemain untuk dapat menguasai teknik dasar sepak bola dengan baik dan intensitas latihan yang dilakukan. Hal inilah yang sudah dilakukan SD Negeri 2 Bandungharjo saat ini yaitu dengan melakukan pembinaaan olahraga sepak bola. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola pada siswa sekolah dasar kelas IV, V, dan VI putra SD Negeri 2 Bandungharjo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara tahun ajaran 2010/2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola pada siswa sekolah dasar kelas IV, V, dan VI putra SD Negeri 2 Bandungharjo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara tahun ajaran 2010/2011. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei tes keterampilan dasar sepak bola yang meliputi, tes sepak dan tahan bola (Passing and Stopping), tes memainkan bola dengan kepala (Heading), tes menggiring bola (Dribbling), dan tes menembak/menendang bola ke sasaran (Shooting). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas IV, V, dan VI SD Negeri 2 Bandungharjo Kecamatan Donorojo Kabupaten Jepara tahun ajaran 2010/2011 yang berjumlah 36 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah semua siswa putra kelas IV, V, dan VI SD Negeri 2 Bandungharjo yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola pada siswa sekolah dasar kelas IV, V, dan VI putra SD Negeri 2 Bandungharjo tahun ajaran 2010/2011. Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola pada siswa putra kelas IV, V, dan VI SD Negeri 2 Bandungharjo untuk kategori kurang (10 siswa) dengan jumlah persentase 27,78%, untuk kategori sedang (22 siswa) dengan jumlah persentase 61,11%, dan untuk kategori baik (4 siswa) dengan jumlah persentase 11,11%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa secara umum tingkat keterampilan dasar permainan sepak bola pada siswa putra kelas IV, V, dan VI SD Negeri 2 Bandungharjo termasuk dalam kategori sedang. Saran dari penulis antara lain perlu adanya pembinaan dan latihan-latihan yang disiplin dan terprogram serta dengan pertandingan yang terencana. Selain itu perlunya menambah pengalaman siswa dengan mengikuti kompetisi-kompetisi sepak bola antar sekolah dasar sehingga siswa dapat bermain dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 08:26
Last Modified: 16 Jul 2012 08:26

Actions (login required)

View Item