Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010

Harry Agus Subhan, 6101406588 (2011) Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berdasarkan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru Penjas di SD N se- Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal yang berjumlah 31 orang dari jumlah keseluruhan SD N se- Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Adapun Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan total sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah Pelaksanaan pembelajaran PenjasOrkes berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode survei dan pengumpulan data menggunakan angket (kuisioner) yang dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan persentase. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010 termasuk dalam kategori baik dengan persentase 72,04%. Dari hasil penelitian diperoleh indikator tahap persiapan dan perencanaan dalam kategori baik dengan persentase 70,82%, indikator tahap pelaksanaan dalam kategori baik dengan persentase 76,16%, dan indikator tahap evaluasi dalam kategori baik dengan persentase 74,29%. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan pembelajaran PenjasOrkes berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) di Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal tahun ajaran 2009/2010 sudah dalam kategori baik, maka disarankan agar guru mempertahankan lagi kemampuannya dalam melaksanakan KTSP. Selain itu, guru juga tetap perlu memperhatikan dan meningkatkan tahap persiapan dan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 16 Jul 2012 08:07
Last Modified: 16 Jul 2012 08:07

Actions (login required)

View Item