Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lamanya Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kabupaten Bogor Jawa Barat.

Wuri Anggun Kusuma, 7450407063 (2012) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lamanya Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Faktor-faktor yang Mempengaruhi Lamanya Mencari Kerja Bagi Tenaga Kerja Terdidik di Kabupaten Bogor Jawa Barat.) - Published Version
Download (392Kb)

    Abstract

    Kecenderungan makin meningkatnya angka pengangguran tenaga kerja terdidik telah memperlihatkan masalah yang makin serius, melihat jumlah pencari kerja tenaga kerja terdidik terutama pencari kerja lulusan sekolah menengah ke atas di Kabupaten Bogor cukup besar, maka keputusan seorang individu untuk berpartisipasi di pasar kerja berdasarkan karakteristik individu (upah yang diinginkan, tingkat pendidikan, umur dan jenis kelamin) pencari kerja yang berpengaruh terhadap lama mencari kerja dalam mendapatkan pekerjaan menjadi salah satu faktor yang penting dalam masalah pengangguran yang dilihat dari sudut penawaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh upah yang diinginkan, tingkat pendidikan, umur dan jenis kelamin terhadap lamanya mencari kerja bagi tenaga kerja terdidik dalam mendapatkan pekerjaan di Kec. Gunung Putri, Kec. Cibinong dan Kec. Bojong Gede Kabupaten Bogor. Populasi penelitian ini berjumlah 264.478 orang, sampel sebanyak 100 orang dengan teknik metode proporsional area random sampling, terdiri dari tenaga kerja terdidik yang sudah bekerja yang berada di Kecamatan Gunung Putri, Cibinong dan Bojong Gede di Kabupaten Bogor Jawa Barat. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan melakukan wawancara yang dipandu dengan kuesioner.Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah anaisis regresi berganda, uji statistik dan uji asumsi klasik dengan menggunakan SPSS 16 for Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa upah yang diinginkan memiliki pengaruh yang positif terhadap lama mencari kerja, tingkat pendidikan memiliki pengaruh yang negatif terhadap lama mencari kerja, umur memiliki pengaruh yang positif terhadap lama mencari kerja dan jenis kelamin tidak memiliki pengaruh terhadap lamanya mencari kerja. Karakteristik individu yang memiliki pengaruh yang dominan pada lamanya mencari kerja adalah upah yang diinginkan. Saran yang diajukan dengan melihat hasil penelitian adalah (1) Sebaiknya pencari kerja mengetahui standar upah minimum yang ada, agar pencari kerja tidak menetapkan upah yang diinginkan terlalu tinggi, sehingga waktu untuk mencari kerja (lama mencari kerja) menjadi lebih cepat (2) Diharapkan pencari kerja mempunyai bekal keterampilan khusus (seperti komputer, bahasa asing, dan lain-lain), khususnya pencari kerja lulusan SMA/SMK, agar mempunyai nilai lebih dan mempunyai lebih banyak kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan, sehingga waktu yang digunakan untuk mencari kerja menjadi lebih cepat.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor-faktor, Lama Mencari Kerja, Tenaga Kerja Terdidik
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 12 Jul 2012 21:09
    Last Modified: 12 Jul 2012 21:09

    Actions (login required)

    View Item