Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam kegiatan usaha Perbankan (Studi di Bank X, Tbk)

Hyskia Seth Bakkara, 3450407099 (2011) Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) dalam kegiatan usaha Perbankan (Studi di Bank X, Tbk). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Implementasi adalah tindakan untuk pencapaian sasaran yang telah ditetapkan untuk setiap tujuan yang direncanakan. Adapun pengertian dari implementasi adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu, kelompok, pejabat, atau swasta yang diarahkan pada tercapainya tujuan-tujuan yang digariskan dalam keputusan kebijakan. Corporate Social Responsibility (CSR) adalah Tanggung jawab sosial perusahaan, dan komitmen dunia usaha untuk memberikan kontribusi bagi pembangunan ekonomi yang berkelanjutan bekerja sama dengan tenaga kerja perusahaan dan organisasi, dengan masyarakat lokal, dengan lingkup yang luas juga untuk memperbaiki kualitas hidup, dengan cara menggantungkan kedua belah pihak untuk dunia usaha maupun untuk pembangunan yang berkelanjutan., perusahaan yang bergerkan di bidang perbankan juga tidak luput dalam penerapan CSR sendiri. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk-bentuk implementasi CSR Bank X,Tbk? (2) Bagaimana dampak CSR yang dilakukan Bank X, Tbk terhadap perusahaan (Internal), dan masyarakat (external)? Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk menjelaskan bagaiman dan apa saja bentuk implementasi CSR yang dilakukan Bank X, Tbk (2) untuk menjelaskan bagaimana dampak implementasi CSR Bank X, Tbk terhadap masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian ini berlokasi di Indonesia. Objek penelitian adalah Bank X, Tbk. Alat dan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumen. Obyektifitas dan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi. Bentuk-bentuk implementasi CSR Bank X, Tbk adalah mayoritas menggunakan konsep PKBL, dimana sesuai dengan keputusan Menteri Negara BUMN No. PER-05 / MBU /2007 tanggal 17 Apri 2003, terbagi antara Program Bina Lingkungan, dan Program Kemitraan, selain itu bentuk yang lain adalah bentuk kepedulian budaya, wirausahan muda Bank X. Dampak implementasi CSR Bank X, Tbk terhadap perusahaan (internal) adalah dampak positif adalah citra Bank X, Tbk di dalam masyarakat dan juga memiliki nilai (value), pencitraan reputasi dan image dari masyarakat. Dampak implementasi CSR terhadap masyarakat (external) masyarakat mendapatkan keuntungan atas penerapan CSR Bank X, Tbk dan juga masyarakat merasakan kenyamanan atas keberadaan dari Bank X, Tbk

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Corporate Social Responsibility (CSR)
Subjects: K Law > K Law (General)
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 08:01
Last Modified: 12 Jul 2012 08:01

Actions (login required)

View Item