Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara

Karmiyati, 7101407277 (2011) Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA N 1 Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N Purwareja Klampok belum optimal. Hal ini dibuktikan dengan rata-rata nilai ulangan harian akuntansi masih dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu sebesar 75. Siswa kelas XI IPS yang berjumlah 77 siswa terdapat 42 siswa yang tuntas mata pelajaran akuntansi dan 35 siswa yang belum tuntas mata pelajaran akuntansi. Banyaknya siswa yang memperoleh nilai di bawah KKM menunjukan bahwa ada faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan siswa tersebut. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: faktor-faktor apa yang dominan mempengaruhi prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara? Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang dominan mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa kelas XI IPS SMA N 1 Purwareja Klampok Kabupaten Banjarnegara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA N 1 Purwareja Klampok yang berjumlah 77. Seluruh populasi digunakan dalam penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis faktor. Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 25 faktor mereduksi menjadi 21 faktor yang terbentuk menjadi 7 faktor baru. Ketujuh faktor tersebut adalah : 1) kondisi intern siswa, 2) kondisi belajar siswa, 3) lingkungan belajar di sekolah, 4) dukungan orang tua, 5) lingkungan belajar di rumah, 6) metode mengajar guru, 7) sumber belajar. Faktor yang dominan berpengaruh yaitu faktor kondisi intern siswa sebesar 26,658%. Ketujuh faktor ini memiliki nilai koefisien varian sebesar 70,245% selebihnya 29,755% dijelaskan oleh faktor lain yag tidak termasuk dalam model ini. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terbentuk 7 variabel dengan 21 faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang berasal dari internal maupun eksternal. Siswa sebaiknya mempertahankan minat, motivasi dan perhatian belajarnya untuk mendukung pencapaian prestasi belajar. Guru hendaknya menggunakan metode mengajar yang dapat meningkatkan motivasi, keaktifan dan minat belajar siswa. Sekolah sebaiknya menambah literatur dan buku paket yang dapat digunakan sebagai sumber belajar siswa serta meningkatkan disiplin sekolah yang baik, lingkungan sekolah yang nyaman, tenang dan kondusif untuk kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor Prestasi Belajar dan Mata Pelajaran Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 00:05
Last Modified: 12 Jul 2012 00:05

Actions (login required)

View Item