Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi (Studi Kasus Pada KSU Maju Lancar Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang)

Muhamad Iksan Suseno, 7101407262 (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Anggota Terhadap Keberhasilan Koperasi (Studi Kasus Pada KSU Maju Lancar Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kualitas pelayanan dan loyalitas anggota sangat mempengaruhi tingkat keberhasilan koperasi. Semakin tinggi tingkat kualitas pelayanan dan semakin tinggi loyalitas anggota pada koperasi maka akan mengakibatkan peningkatan keberhasilan koperasi dalam tujuan mensejahterakan anggota. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kualitas pelayanan dan loyalitas anggota terhadap keberhasilan KSU Maju Lancar. (2) menganalisis besarnya pengaruh kualitas pelayanan dan loyalitas anggota terhadap keberhasilan KSU Maju Lancar baik secara simultan maupun parsial. Dalam penelitian ini jumlah populasi adalah 31 anggota koperasi. Variabel dalam penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan loyalitas anggota sebagai variabel bebas (X) dan keberhasilan KSU sebagai variabel terikat (Y). Alat pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis deskriptif diketahui kualitas pelayanan KSU berada dalam kategori memuaskan, loyalitas anggota berada dalam kategori cukup tinggi, dan keberhasilan KSU berada dalam kategori cukup tinggi. Berdasarkan analisis regresi berganda diketahui bahwa kualitas pelayanan dan loyalitas anggota berpengaruh terhadap keberhasilan KSU baik secara simultan maupun parsial dibuktikan dengan hasil uji F dan uji t yang memperoleh signifikansi di bawah 0,05. Kontribusi pengaruh kualitas pelayanan dan loyalitas anggota terhadap keberhasilan KSU secara simultan adalah 98,8% dan sisanya sebesar 1,2% di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial, kontribusi pengaruh kualitas pelayanan dan loyalitas anggota terhadap keberhasilan KSU masing-masing sebasar 46,24% dan 93,3%. Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi semua pihak koperasi baik pengurus, pengawas dan anggota. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada pengurus hendaknya memberikan informasi ketersediaan dana pinjaman kepada seluruh anggota melalui media pesan singkat atau SMS pada setiap akhir pekan, serta anggota koperasi hendaknya meningkatkan partisipasi dan loyalitasnya baik dalam bidang organisasi, bidang modal mupun jasa usaha di KSU Maju Lancar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Loyalitas Anggota, dan Keberhasilan KSU
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 00:02
Last Modified: 12 Jul 2012 00:02

Actions (login required)

View Item