Pengaruh Pelayanan dan Lingkungan Usaha Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Darma Tani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal.

Yunus Arifudin, 7101407249 (2011) Pengaruh Pelayanan dan Lingkungan Usaha Terhadap Loyalitas Anggota Pada Koperasi Unit Desa (KUD) Darma Tani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Peranan Pelayanan dan Lingkungan Usaha sangatlah berpengaruh terhadap Loyalitas Anggota. Apabila pelayanan yang diberikan oleh koperasi baik dan memuaskan pelanggan maka individu akan mempertahankan diri untuk tetap berhubungan erat dengan koperasi dan akan berpartisipasi aktif dalam usaha memajukan dan mengembangkan koperasi.. Peranan Lingkungan usaha dapat menjadi pendorong maupun penghambat jalannya usaha koperasi, dari lingkungan usaha juga berpengaruh terhadap tingkat Loyalitas anggota di lihat dari pesaing, pelanggan dan lingkungan ekonomi. Penelitian ini bertujuan: (1) Mendeskripsikan Pelayanan , Lingkungan dan Loyalitas anggota KUD Darma Tani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. (2) Menganalisis pengaruh pelayanan anggota, dan lingkungan usaha terhadap Loyalitas anggota KUD Darma Tani baik secara simultan maupun parsial. Dalam penelitian ini jumlah populasi adalah 669 anggota koperasi. Sampel diperoleh 87 anggota dilakukan dengan Proposional Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel Pelayanan, dan lingkungan usaha sebagai variabel bebas (X) dan Variabel Loyalitas anggota sebagai variabel terikat (Y). Alat pengumpulan data dengan metode kuesioner dan dokumentasi. Berdasarkan analisis deskriptif diketahui pelayanan termasuk katagori baik, lingkungan usaha termasuk katagori kurang baik dan loyalitas anggota termasuk katagori baik. Berdasarkan analisis regresi berganda diketahui bahwa pelayanan, dan lingkungan usaha berpengaruh terhadap Loyalitas anggota KUD Darma Tani Kecamatan Boja Kabupaten Kendal baik secara simultan maupun parsial dibuktikan dengan hasil uji F dan uji T yang memperoleh signifikansi di bawah 0,05. Kontribusi pengaruh Pelayanan, dan lingkungan usaha secara simultan terhadap SHU anggota adalah 40,4% dan sisanya di pengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial, kontribusi pengaruh pelayanan, dan lingkungan usaha terhadap Loyalitas anggota masing-masing sebasar 24,40%, dan 8,17% Hasil penelitian diharapkan bermanfaat bagi semua pihak baik koperasi, pengurus, pengawas dan anggota. Dari hasil penelitian ini disarankan kepada anggota koperasi hendaknya meningkatkan loyalitasnya di KUD Darma Tani baik dalam bidang organisasi, bidang modal maupun memanfaatkan jasa usaha koperasi dan kepada pengurus koperasi hendaknya memperbaiki pelayanannya dan lebih tanggap terhadap lingkungan usaha di sekitarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan, Lingkungan Usaha, dan Loyalitas Anggota
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 12 Jul 2012 00:00
Last Modified: 12 Jul 2012 00:00

Actions (login required)

View Item