Pengaruh Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang

Ana Fajarwati, 7101407244 (2011) Pengaruh Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Keluarga, dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar Akuntansi pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil belajar merupakan output yang diperoleh atau dicapai siswa setelah mengikuti proses belajar di sekolah melalui evaluasi yang diwujudkan dalam bentuk angka atau huruf. Data observasi menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bergas Kabupaten Semarang rata-rata belum tuntas KKM, hal ini mengindikasikan bahwa proses belajar mengajar yang dilaksanakan belum optimal. Prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor intern (motivasi) dan ekstern (kompetensi profesional guru, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah). Permasalahan yang dikaji adalah, apakah ada pengaruh motivasi, kompetensi profesional guru, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bergas secara parsial, apakah ada pengaruh kompetensi profesional guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Akuntansi melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bergas secara parsial. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh motivasi, kompetensi profesional guru, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar Akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bergas secara parsial, mengetahui adanya pengaruh kompetensi profesional guru, lingkungan keluarga, dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar melalui motivasi sebagai variabel intervening pada siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bergas secara parsial. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Bergas yang berjumlah 149 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian yaitu endogen meliputi Prestasi belajar (Y) dan eksogen meliputi motivasi (X1), kompetensi profesional guru (X2), lingkungan keluarga (X3), dan lingkungan sekolah (X4). Metode pengumpulan data: dokumentasi, angket. Metode analisis data yaitu analisis data dan interpretasi skor, analisis konfirmatori, analisis Structural Equation Modeling (SEM) dan uji asumsi SEM yang terdiri dari uji normalitas dan outliers. Hasil penelitian menggunakan analisis SEM menunjukkan bahwa ada pengaruh langsung antara kompetensi professional guru terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 19,8%, ada pengaruh langsung antara lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 29,6% ada pengaruh langsung antara motivasi terhadap prestasi belajar akuntansi sebesar 29,1% dan ada pengaruh tidak langsung antara lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah terhadap prestasi belajar akuntansi dengan melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Pengaruh LK  M sebesar 35,2% dan M PB sebesar 29,1% sehingga pengaruh LK secara tidak langsung yaitu LK→M→PB sebesar 10,24%. Pengaruh LS  M sebesar 22,5% dan M  PB sebesar 29,1% sehingga pengaruh LS secara tidak langsung yaitu LS M PB sebesar 6,55%. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi siswa untuk rajin mengerjakan latihan soal. Bagi guru diharapkan dapat mengikuti pendidikan dan pelatihan guru. Pihak sekolah hendaknya menjaga dan meningkatkan fasilitas sekolah dan bagi orang tua hendaknya lebih meningkatkan perhatian kepada anaknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Kompetensi Profesional Guru, Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 23:57
Last Modified: 11 Jul 2012 23:57

Actions (login required)

View Item