Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Metode Belajar Aktif Tipe Team Quiz dan Metode Drill pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Subah Tahun pelajaran 2010/2011

Dina Kurniasari, 7101407235 (2011) Studi Komparasi Hasil Belajar Antara Metode Belajar Aktif Tipe Team Quiz dan Metode Drill pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Negeri 1 Subah Tahun pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran akuntansi pada dasarnya dapat menggunakan berbagai macam metode yang disesuaikan dengan materi pelajaran. Masalah yang timbul adalah siswa belum mampu menguasai dan terampil dalam menyelesaikan soal-soal akuntansi yang bervariasi dari konsep yang diberikan guru. Untuk mengatasi masalah kesulitan belajar siswa pemilihan metode belajar aktif tipe team quiz merupakan solusi yang tepat, karena pembelajaran ini memiliki konsep pada penekanan interaksi antar siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah pembelajaran metode team quiz menunjukkan hasil belajar akuntansi lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode drill siswa SMA kelas XI SMA Negeri 1 Subah tahun ajaran 2010/2011. Populasi dan sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Subah. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik simpel random sampling, terpilih kelas XI IS 4 sebanyak 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IS 3 sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Variabel dari penelitian ini terdiri dari metode belajar aktif tipe team quiz dan metode pembelajaran drill sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Analisis datanya menggunakan uji statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis data awal kedua kelompok mempunyai kemampuan awal yang relatif sama, tidak ada perbedaan kemampuan awal dari kedua kelompok. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen dengan metode belajar aktif tipe team quiz (75,17) lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang diperoleh kelas kontrol dengan metode drill (69,85). Hasil uji t diperoleh thitung (3,621) lebih besar dari ttabel (1,996) artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata hasil belajar kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diambil simpulan pembelajaran metode team quiz menunjukkan hasil belajar akuntansi lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran metode drill. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu: agar penerapan metode belajar aktif tipe team quiz dalam pembelajaran akuntansi perlu dikembangkan sebagai variasi pembelajaran akuntansi yang relevan, guna meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu, guru hendaknya mampu menciptakan suasana yang tidak membosankan dalam pembelajaran akuntansi, sehingga pelajaran akuntansi menjadi lebih menyenangkan serta mampu meningkatkan minat belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Belajar Aktif Tipe Team Quiz, Drill, Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 23:55
Last Modified: 11 Jul 2012 23:55

Actions (login required)

View Item