Implementasi Pendidikan Karaker Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 1 kendal

Supriyanto, 7101407207 (2011) Implementasi Pendidikan Karaker Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Kelas XI IPS SMA N 1 kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tujuan Pembelajaran Akuntansi di SMA adalah membekali tamatan SMA dalam berbagai kompetensi dasar, agar mereka menguasai dan mampu menerapkan konsep-konsep dasar dan prosedur akuntansi yang benar, baik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi atau terjun ke masyarakat. Berangkat dari hal tersebut hasil belajar akuntansi siswa perlu ditingkatkan, akan tetapi di SMA 1 Kendal masih terdapat permasalahan yang mana sebanyak 41,13 % siswa belum mencapai nilai KKM yang ditentukan sehingga tergolong rendah. Guna meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa, maka dilakukan penelitian dengan menerapkan pendidikan karakter melalui pembelajaran kooperatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 124 siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kendal yang terbagi ke dalam 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling, didapat kelas XI IPS 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah dokumentasi, observasi, dan metode tes. Pengujian hipotesisnya menggunakan uji independent sample T Test serta paired sample T Test. Berdasarkan hasil analisis uji independent sample T Test diperoleh t hitung = 1,736 > ttabel =1,671, yang berarti bahwa H0 ditolak yang artinya ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, karena nilai t positif maka rata-rata kelas eksperimen lebih besar. Berdasarkan hasil analisis pada paired sample statistic dapat diketahui bahwa nilai rata- rata pre tes kelas eksperimen adalah 64,17 dan post tes adalah 80.00 sehingga dapat disimpulkan terjadi kenaikan nilai rata- rata siswa setelah dilaksanakan treatment sebesar 24,67 % dengan perilaku berkarakter jujur, toleransi, disiplin, rasa ingin tahu, kerja keras, dan komunikatif terbentuk pada tahap mulai berkembang. Kesimpulan penelitian adalah pendidikan karakter melalui pembelajaran kooperatif mampu meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA N 1 Kendal. Saran yang diberikan dengan hasil penelitian ini yaitu: Guru akuntansi SMA N 1 Kendal, hendaknya menerapkan pembelajaran pendidikan karakter melalui strategi pembelajaran kooperatif dalam mata pelajaran akuntansi, karena mampu meningkatkan hasil belajar siswa, guru perlu mempelajari model-model pembelajaran kooperatif dengan baik serta mempelajari pedoman penerapan pendidikan karakter ke dalam tiap mata pelajaran serta indikator karakter yang bisa dimasukkan dalam mata pelajaran akuntansi, pihak sekolah perlu mengadakan pelatihan secara intensif terkait dengan pengintegrasian pendidikan karakter ke dalam proses pembelajaran di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 23:20
Last Modified: 11 Jul 2012 23:20

Actions (login required)

View Item