Efektivitas Pembelajaran dengan Media Video Compact Disk (VCD) Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011

Irhad Wiryo Arwanto, 7101407083 (2011) Efektivitas Pembelajaran dengan Media Video Compact Disk (VCD) Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan Perusahaan Jasa pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Mata pelajaran akuntansi merupakan salah satu mata pelajaran di SMA yang diperlukan dalam pendidikan. Observasi awal yang dilakukan di SMA Negeri 1 Banjarnegara khususnya pada pembelajaran akuntansi guru kurang optimal dalam memanfaatkan maupun memberdayakan sumber pembelajaran karena pembelajaran akuntansi cenderung masih berpusat pada guru (teacher centered), text book centered dan mono media. Hal ini mengakibatkan hasil belajar menjadi tidak optimal. Permasalahan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran menggunakan media VCD pembelajaran lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional dan untuk mengetahui apakah dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi pokok bahasan laporan keuangan pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Banjarnegara tahun ajaran 2010/2011. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi pokok bahasan laporan keuangan, maka disini peneliti menggunakan VCD pembelajaran sebagai variasi dalam pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS 2 SMAN 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2010/2011. Prosedur penelitian ini adalah penelitian eksperimen dimana kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah soal evaluasi objektif dan essay serta lembar observasi untuk peneliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar antara model pembelajaran menggunakan VCD pembelajaran dengan model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran menggunakan VCD pembelajaran mempunyai rata-rata nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional. Kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata pre-test 57,14 sedangkan kelas kontrol memiliki nilai rata-rata pre-test 56,11. Pada rata-rata nilai post-test kelas eksperimen memiliki rata-rata 78,00 sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata nilai post-test 69,84. Jadi, rata-rata nilai pre-test dan post-test kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah kelas eksperimen dengan model pembelajaran menggunakan VCD pembelajaran lebih efektif dan dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi dibandingkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Saran yang berkaitan dengan hasil penelitian ini yaitu model pembelajaran menggunakan VCD pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran di sekolah untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran Konvensional, Media VCD Pembelajaran
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 23:09
Last Modified: 11 Jul 2012 23:09

Actions (login required)

View Item