Pengaruh wawasan global guru dan kegiatan ekstrakurikuler siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X program akuntansi SMK Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011

Herdina Septiyanti, 7101407071 (2011) Pengaruh wawasan global guru dan kegiatan ekstrakurikuler siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X program akuntansi SMK Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Prestasi belajar mata pelajaran akuntansi kelas X program akuntansi SMK Negeri 1 Wonogiri masih belum optimal. Sebagian nilai yang tidak tuntas adalah nilai siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dan dari hasil wawancara guru jarang mengaitkan pembelajaran dengan keadaan sekitar yang diduga karena belum optimalnya wawasan global yang dimiliki guru oleh karena itu perlu diteliti lebih lanjut tentang pengaruh wawasan global guru dan kegiatan ekstrakurikuler siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) Adakah pengaruh wawasan global guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X program akuntansi SMK Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 (2) Adakah pengaruh kegiatan ekstrakurikuler siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X program akuntansi SMK Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011 (3) Adakah pengaruh wawasan global guru dan kegiatan ekstrakurikuler siswa terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas X program akuntansi SMK Negeri 1 Wonogiri tahun pelajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X program akuntansi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Populasi terdiri dari 75 siswa yang terbagi dalam lima kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel populasi. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah wawasan global guru (X1), kegiatan ekstrakurikuler siswa (X2), dan sebagai variabel bebas (Y) adalah prestsi belajar akuntansi. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan deskriptif presentase dan analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh signifikan wawasan global guru dan kegiatan ekstrakurikuler siswa terhadap prestasi belajar akuntansi dilihat dari hasil analisis data uji F diperoleh Fhitung sebesar 15,737 dengan nilai probabilita sebesar 0,000 < 0,05. Saran yang dapat diberikan yaitu hendaknya guru memperluas wawasan global dan menyadari pentingnya wawasan global bagi siswa untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja. Kepada siswa hendaknya dapat mengatur jadwal kegiatan supaya tidak mengganggu belajar mereka sehingga prestasi belajar mereka tidak turun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Wawasan Global Guru, Kegiatan Ekstrakurikuler Siswa dan Prestasi Belajar Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 23:03
Last Modified: 11 Jul 2012 23:03

Actions (login required)

View Item