Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan di Sma Negeri 1 Tuntang

Rifqi Saifurrohman, 3301404069 (2011) Penerapan Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Akuntansi Pokok Bahasan Laporan Keuangan di Sma Negeri 1 Tuntang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keberhasilan siswa dalam belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah metode yang digunakan guru dalam mengajar. Siswa dapat mencapai prestasi belajar maksimal bila seorang guru tepat dalam menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan mampu meningkatkan prestasi belajar siswa yaitu metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Dari hal tersebut muncul permasalahan yaitu bagaimanakah efektifitas penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai upaya meningkatkan Prestasi belajar Akuntansi pokok bahasan laporan keuangan pada siswa kelas XI IPS SMAN I Tuntang? Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMAN I Tuntang yang terbagi dalam tiga kelas. Sampel ditentukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh dua kelas sebagai sampel yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XPI IS 2 sebagai kelas kontrol. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas merupakan prestasi belajar pokok bahasan laporan keuangan pada siswa kelas XI IPS SMAN I Tuntang yang menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, dan variabel bebas merupakan hasil belajar pokok bahasan laporan keuangan pada siswa kelas XI IPS SMAN I Tuntang yang menerapkan metode pembelajaran konvensional. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah teknik dokumentasi dan teknik eksperimen. Sedangkan alat pengambilan data menggunakan tes. Dalam penelitian ini ada dua analisis data yaitu analisis data awal untuk memadankan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji normalitas, uji kesamaan dua varians dan uji kesamaan dua rata-rata, dan analisis data tahap akhir untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t (independent sample t-test). Kesimpulannya adalah metode pembelajaran kooperatif jigsaw lebih efektif dibanding dengan metode konvensional. Secara umum ada pengaruh antara metode pembelajaran dengan prestasi belajar Akuntansi siswa kelas XI IPS SMAN I Tuntang. Semoga dengan penelitian ini bisa menjadi bahan pertimbangan untuk semua pihak, khususnya untuk guru akuntansi dan siswa-siswi XI IPS SMAN I Tuntang dalam usaha untuk meningkatkan prestasi belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Aktivitas Belajar dan Metode Pembelajaran Jigsaw
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 22:27
Last Modified: 11 Jul 2012 22:27

Actions (login required)

View Item