Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Hidayah Tahun Ajaran 2010/2011.

KARDIMAN, 3301404066 (2011) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesulitan Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Hidayah Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Dalam proses kegiatan belajar setiap siswa mempunyai potensi yang sama untuk mencapai prestasi belajar yang baik. Namun kenyataannya bahwa tidak semua siswa dapat memperoleh prestasi sebagaimana yang diharapkan. Terjadinya kesulitan belajar dikarenakan siswa tidak mampu mengaitkan antara pengetahuan baru dengan pengetahuan lamanya sehingga menimbulkan ketidakpahaman/ ketidakjelasan terhadap suatu pelajaran.Kesulitan belajar tidak hanya disebabkan karena intelegensi yang rendah (kelainan mental), tetapi dapat juga disebabkan oleh faktor-faktor non intelegensi. Faktor-faktor tersebut dapat berasal dari dalam diri siswa (internal) maupun dari luar diri siswa (eksternal). Faktor internal yang dapat menyebabkan kesulitan belajar di antaranya karena faktor kesehatan, cacat tubuh, intelegensi, bakat, minat, kesehatan mental, dan tipe khusus belajar. Sedangkan faktor eksternal di antaranya karena pengaruh lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat.Permasalahan dalam penelitian ini adalah Faktor-Faktor apa sajakah yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran akuntansi Siswa Kelas XI Jurusan Akuntansi SMKHidayah Semarang Tahun ajaran 2010/2011. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMKHidayah Semarang Tahun Ajaran 2010/2011 Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMK Hidayah Semarang. Dalam penelitian ini penulis menggunakan seluruh anggota populasi yang biasa disebut sampel total atau sensus yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, observasi dan kuesioner/angket. Metode analisis data menggunakan metode regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukan X1 sebesar 0,521, X2 sebesar -0,467, X3 sebesar 0,330, X4 sebesar 0,258, X5 sebesar 0,275. Hasil analisi data regresi diperoleh persamaan Y = 15,911 + 0,521X1 - 0,467X2 + 0,330X3 + 0,258X4 + 0,275X5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Adanya pengaruh faktor fisiologi, faktor psikologi, faktor, faktor lingkungan sekolah, faktor lingkungan keluarga, faktor lingkungan masyarakat terhadap kesulitan belajar mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI Jurusan Akuntansi SMKHidayahSemarang tahun ajaran 2010/2011

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor Kesulitan Belajar, Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 22:24
Last Modified: 11 Jul 2012 22:24

Actions (login required)

View Item