Pengaruh Pertumbuhan Aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Listing Di BEI Dan PROPER Tahun 2008-2010)

Novi Dwi Setyo, 7350407097 (2011) Pengaruh Pertumbuhan Aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Risiko Bisnis Terhadap Struktur Modal Perusahaan (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Listing Di BEI Dan PROPER Tahun 2008-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Struktur modal adalah pembelanjaan permanen, mencerminkan pula pertimbangan antara hutang jangka panjang dengan modal sendiri. maka seorang manajer keuangan dalam menentukan sumber modal yang akan digunakan oleh perusahaan harus mempertimbangkan biaya yang timbul dari sumber modal yang digunakan (Riyanto, 2001:22). Modal menjadi salah satu elemen penting dalam perusahaan karena baik dalam pembukaan bisnis, modal sangatlah diperlukan. Oleh karena itu, perusahaan harus menentukan seberapa banyak modal yang diperlukan untuk membiayai bisnisnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah pertumbuhan aktiva, ukuran perusahaan, dan risiko bisnis berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan secara parsial maupun simultan. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pertumbuhan aktiva, ukuran perusahaan, dan risiko bisnis terhadap Kinerja struktur modal Perusahaan secara parsial dan simultan. Subjek penelitian ini adalah perusahaan yang listing di BEI dan PROPER pada tahun 2008 sampai 2010, sebanyak 25 perusahaan, sedang pengambilan sampel digunakan teknik random sampling. Variabel pertumbuhan aktiva, ukuran perusahaan, dan risiko bisnis sebagai variabel bebas dan struktur modal perusahaan sebagai variabel terikat. Metode Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y = 1,807 + 9,447X1 + 4,342 X2 + 39.947X3, secara simultan diperoleh F hitung 5.619 (0,002<0,05), berarti hipotesis pertumbuhan aktiva, ukuran perusahaan, risiko bisnis secara simultan berpengaruh terhadap struktur modal perusahaan diterima. Koefisien Determinasinya sebesar 81,5 %. Secara Parsial variabel pertumbuhan aktiva mempunyai nilai signifikansi 0,049, nilai signifikansi ukuran perusahaan 0,00, nilai signifikansi risiko bisnis 0,008, memiliki pengaruh yang signifikan. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan antara variabel pertumbuhan aktiva, ukuran perusahaan, dan risiko bisnis terhadap struktur modal perusahaan. Saran penelitian Pihak Perusahaan agar lebih baik dalam kebijakan penggunaan dana, baik sumber dana internal maupun eksternal. Tidak mencakup pada tiga variabel yang diteliti dalam penelitian ini namun terhadap faktor struktur modal lainnya, agar dalam menjalankan kebijakan struktur modal perusahaan dapat mencapai struktur modal yang seimbang dan memberikan hasil maksimal terhadap perusahaan mengenai penggunaan dana dan kebijakan penetapan struktur modal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktur Modal Perusahaan, Pertumbuhan aktiva, Ukuran Perusahaan, Dan Risiko Bisnis
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 21:39
Last Modified: 11 Jul 2012 21:39

Actions (login required)

View Item