Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. dan PT. Aneka Tambang, Tbk Tahun 2006-2010)

Aji Nurjaman, 7350407092 (2011) Pengaruh Penerapan Good Corporate Governance terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi pada PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. dan PT. Aneka Tambang, Tbk Tahun 2006-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Good Corporate Governance merupakan serangkaian mekanisme yang dapat melindungi pihak-pihak pemegang kepentingan (Stakeholders) baik pemegang saham mayoritas maupun pemegang saham minoritas. Penerapan good corporate governance merujuk pada kerangka aturan dan peraturan yang memungkinkan stakeholders untuk membuat perusahaan memaksimalkan nilai dan memperoleh return. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan good corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan baik yang diindikasikan dengan return on equity (ROE) maupun yang diindikasikan dengan Tobin’s Q. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan good corporate governance terhadap kinerja keuangan perusahaan baik yang diindikasikan dengan Return on Equity (ROE) maupun yang diindikasikan dengan Tobin’s Q Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI) dan masuk dalam pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) yang dilakukan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dari tahun 2006 sampai tahun 2010 sebanyak 22 perusahaan. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi Y1 = 174,303 – 1,706 X dan Y2 = -10,423 + 0,141 X. Secara parsial dihasilkan nilai uji t sebesar -1,513 untuk variabel terikat ROE dan 2,568 untuk variabel terikat Tobin’s Q dengan nilai signifikansi 0,141 dan 0.016 (>0,05) yang berarti ada pengaruh penerapan GCG terhadap kinerja keuangan perusahaan. Koefisien determinasi untuk variabel terikat ROE sebesar 0,658 dan Tobin’s Q sebesar 0,667. Kesimpulannya adalah bahwa penerapan GCG berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan baik yang diindikasikan dengan Tobin’s Q dan tidak mempengaruhi Retun on Equity (ROE). Saran yang berkaitan dengan penelitian ini adalah perusahaan hendaknya melakukan tindakan sebagai penerapan prinsip GCG yang salah satu contohnya adalah dengan melakukan Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai salah satu bentuk implementasi prinsip responsibility. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah menambahkan variabel penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Return on Equity, Tobin’s Q, Kinerja Keuangan Perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 21:36
Last Modified: 11 Jul 2012 21:36

Actions (login required)

View Item