Analisis Harapan Anggota Kospin Jasa Cabang Kota Cirebon

MOCHAMMAD RIKZA KURNIAWAN, 7350407053 (2011) Analisis Harapan Anggota Kospin Jasa Cabang Kota Cirebon. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang-orang atau badan hukum dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi yaitu sebagai gerakan ekonomi rakyat yang berdasarkan asas kekeluargaan. Koperasi bertujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Salah satu bentuk koperasi adalah koperasi simpan pinjam. Koperasi Simpan Pinjam adalah koperasi yang melayani jasa penyimpanan dan peminjaman (kredit) kepada anggota. Salah satu koperasi simpan pinjam terbesar di Indonesia adalah kospin jasa yang salah satu kantor cabangnya terletak di Kota Cirebon. Kospin Jasa cabang Kota Cirebon dalam menghadapi pesaingnya telah berupaya memiliki strategi dan ketegasan langkah yang disesuaikan dengan bentuk pasar yang dihadapi diantaranya dengan meningkatkan pelayanan, promosi, produk yang bervariatif, dan lokasi yang strategis, akan tetapi selama dua tahun terakhir usaha yang dilakukan oleh Kospin Jasa cabang Cirebon dalam bidang pemasaran dan promosi ternyata tidak banyak berpengaruh terhadap calon anggota, hal ini terlihat dari Kospin Jasa cabang Cirebon yang mentargetkan jumlah anggota meningkat tiap bulannya justru mengalami penurunan, demikian pula dengan jumlah nominal pinjaman yang fluktuatif dan cenderung menurun, hal ini berbeda jika dibandingkan kantor cabang lainnya yang cenderung meningkat. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah (1) Apa saja harapan yang diinginkan oleh anggota berkaitan dengan produk dari kospin jasa Cirebon (2) Apa saja harapan yang diinginkan oleh anggota berkaitan dengan bunga pinjaman dari kospin jasa Cirebon (3) Apa saja harapan yang diinginkan oleh anggota berkaitan dengan bunga simpanan dari kospin jasa Cirebon (4) Apa saja harapan yang diinginkan oleh anggota berkaitan dengan Pelayanan yang diberikan kospin jasa Cirebon kepada anggotanya (5) Apa saja harapan yang diinginkan oleh anggota berkaitan dengan jaminan dan persyaratan kredit dari kospin jasa Cirebon (6) Apa saja harapan yang diinginkan oleh anggota berkaitan dengan tanggungjawab sosial dari kospin jasa Cirebon. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis tentang harapan anggota kospin jasa Cirebon yang berkaitan dengan produk, bunga pinjaman, bunga simpanan, pelayanan yang diberikan, jaminan dan persyaratan kredit, serta tanggungjawab sosial dari kospin jasa Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif eksploratif. Pendekatan ini bertujuan untuk menggambarkan harapan para anggota terhadap kospin jasa cabang Cirebon. Responden penelitian ini adalah 350 orang yang sudah dipilih berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan wawancara sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik deskritif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bunga simpanan menjadi faktor terbesar yang menjadi daya tarik anggota terhadap Kospin Jasa Cirebon. Aspek-aspek yang belum bisa memenuhi harapan anggota dari Kospin Jasa Cirebon antara lain: aspek tanggungjawab sosial Kospin Jasa Cirebon, jaminan peminjaman uang di Kospin Jasa Cirebon, fasilitas layanan ATM, dan promosi. Aspek-aspek yang sudah memenuhi harapan anggota dari Kospin Jasa Cirebon adalah: aspek bunga simpanan, aspek bunga pinjaman, dan aspek persyaratan peminjaman kredit, produk simpanan yang ditawarkan Kospin Jasa Cirebon. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan Harapan responden atau anggota mengenai tingkat suku bunga simpanan yang ditawarkan oleh Kospin Jasa Cirebon adalah sama seperti saat ini, harapan responden atau anggota mengenai tingkat suku bunga pinjaman yang ditawarkan oleh Kospin Jasa Cirebon adalah sama seperti saat ini, harapan anggota mengenai tanggungjawab sosial yang dilakukan Kospin Jasa Cirebon adalah supaya kegiatan tanggungjawab sosial dari Kospin Jasa Cirebon dapat lebih baik lagi dibandingkan bank, harapan anggota mengenai persyaratan yang harus dipenuhi anggota ketika akan meminjam uang di Kospin Jasa Cirebon anggota paling banyak berharap persyaratan yang mudah dan proses pencairan uang yang mudah, harapan anggota mengenai pelayanan yang diberikan kepada anggota yaitu supaya Kospin Jasa meningkatkan kerjasama ATM bersama dan anggota berharap mendapatkan pelayanan yang ramah, cepat, tepat, dan aman ketika melakukan transaksi, harapan mengenai produk tabungan dan pinjaman di Kospin Jasa Cirebon anggota berharap lebih baik dan variatif dibandingkan dengan produk tabungan dan pinjaman yang ditawarkan oleh bank, dan harapan anggota mengenai promosi yang dilakukan oleh Kospin Jasa harus lebih menarik dari yang sekarang. Saran penelitian ini adalah sebaiknya Kospin Jasa Cirebon segera memenuhi harapan-harapan anggota mengenai tanggungjawab sosial supaya program tanggungjawab sosial dari Kospin Jasa Cirebon dapat diperluas lagi, kemudian mengenai jaminan peminjaman uang di Kospin Jasa Cirebon supaya jaminan peminjaman yang di tetapkan di Kospin Jasa Cirebon bisa lebih ringan dibandingkan dengan bank, selanjutnya mengenai fasilitas layanan ATM supaya Kospin Jasa meningkatkan kerjasama ATM bersama, kemudian mengenai produk pinjaman yang ditawarkan Kospin Jasa Cirebon supaya lebih baik dan variatif, dan yang terakhir mengenai promosi yang dilakukan Kospin Jasa Cirebon harus lebih menarik dari yang sekarang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kospin Jasa, Harapan anggota
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HG Finance
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 21:29
Last Modified: 11 Jul 2012 21:29

Actions (login required)

View Item