Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Kepercayaan dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3(Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Semarang)

Muhammad Ragil Kartono, 7350406618 (2011) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Kepercayaan dan Persepsi Nilai Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat IM3(Studi Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Negeri Semarang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Loyalitas pelanggan merupakan bagian dari perusahaan untuk meningkatkan laba dan keuntungan jangka panjang. Kualitas pelayanan, harga, kepercayaan, dan persepsi nilai membantu membangun dasar loyalitas pelanggan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) apakah kualitas pelayanan, harga, kepercayaan dan persepsi nilai secara parsial berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan? (2) Apakah kualitas pelayanan, harga, kepercayaan, dan persepsi nilai berpengaruh secara simultan terhadap loyalitas pelanggan?. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan, harga, kepercayaan dan persepsi nilai secara parsial terhadap loyalitas pelanggan (2) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan pengaruh kualitas pelayanan, harga, kepercayaan dan persepsi nilai secara simultan terhadap loyalitas pelanggan. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa Manajemen angkatan 2008-2010. Sampel berjumalah 32 orang. Tehnik sampel menggunakan Purposive sampling. Variabel yang digunakan adalah kualitas pelayanan, harga,kepercayaan, persepsi nilai dan loyalitas pelanggan. Tehnik analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh posif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung 1.498 dan signifikansi 0.036. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan dengan t hitung 0.296 dan signifikansi 0.045. kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan dengan t hitung 3.391 dan signifikansi 0.002. Persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan dengan t hitung 0.280 dan signifikansi 0.047. Kualitas pelayanan, harga, kepercayann dan persepsi nilai secara simultan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Disimpulkan bahwa kualitas pelayanan, harga, kepercayaan, dan persepsi nilai secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Indosat IM3 pada Mahasiswa Jurusan Manajemen UNNES. Secara simultan, kualitas pelayanan, harga, kepercayaan, dan persepsi nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan Indosat IM3 pada Mahasiswa Manajemen UNNES. Saran untuk penelitian ini (1) Bagi perusahaan.diharapkan meningkatkan lagi kualitas pelayanan, harga, kepercayaan dan persepsi nilai agar loyalitas pelanggan semakin meningkat (2) Bagi konsumen dalam memilih produk diharapkan mempertimbangkan kualitas pelayanan, harga, kepercayaan dan persepsi nilai agar tidak kecawa dan menjadi loyal. (3) Bagi peneliti selanjutnya,diharapkan meneliti objek yang lebih luas selain mahasiswa, produk yang lain selain Indosat serta menambah variabel lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas pelayanan, Harga, Kepercayaan, dan Persepsi Nilai, Loyalitas Pelanggan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 21:17
Last Modified: 11 Jul 2012 21:17

Actions (login required)

View Item