Pengaruh Switching Cost, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Multimedia Mobile (IM3) pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang

Dian Fitri Sariningsih Nugraheni, 7350406611 (2011) Pengaruh Switching Cost, Citra Merek Dan Kepercayaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Indosat Multimedia Mobile (IM3) pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

IM3 merupakan salah satu produk PT. Indosat, dimana IM3 dikenal sebagai karunya anak muda. Loyalitas pelanggan pengguna kartu IM3 berubah-ubah, karena banyaknya produk yang beredar di masyarakat membuat persaingan antar perusahaan semakin ketat, hanya produk yang mempunyai kualitas tinggi yang dapat menarik konsumen untuk mengkonsumsi produk tersebut. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh switching cost, citra merek dan kepercayaan terhadap terhadap loyalitas pelanggan indosat multimedia mobile (IM3) pada jurusan manajemen fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang secara parsial maupun simultan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh switching cost, citra merek dan kepercayaan terhadap terhadap loyalitas pelanggan indosat multimedia mobile (IM3) pada jurusan manajemen fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa manajemen fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Sampel ditentukan dengan teknik accidental sampling, ukuran sampel ditentukan berdasarkan rumus iterasi dan diperoleh 115 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah uji instrumen (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, koefisien determinasi, dan pengujian hipotesis menggunakan SPSS 17 for Windows. Hasil penelitian diperoleh persamaan regresi liner berganda Y = 11,038 + 0,181 X1 + 0,143 X2 + 0,169 X3. Hasil koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,333 artinya 33,3% variabel loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh variabel switching cost, citra merek dan kepercayaaan serta sisanya 66,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian. Simpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara switching cost, citra merek dan kepercayaan terhadap loyalitas pelanggan indosat multimedia mobile (IM3) jurusan manajemen fakultas ekonomi universitas negeri semarang baik secara parsial maupun secara simultan. Saran terhadap kartu IM3, agar merendahkan harga switching cost, untuk memperhatikan indikator kekuatan merek kartu IM3 untuk memberikan tarif telfon yang lebih murah dan menambah jumlah bonus SMS, dan indikator kualitas pelayanan agar meningkatkan pelayanan customer sevicenya agar pelanggan tetap loyal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Switching Cost, Citra Merek, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 21:14
Last Modified: 11 Jul 2012 21:14

Actions (login required)

View Item