Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Program Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi PT. PLN (Persero) APJ Semarang

Joko Triatmojo, 7450406516 (2011) Implementasi Corporate Social Responsibility (CSR) Program Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi PT. PLN (Persero) APJ Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Seiring dengan peradaban modern eksistensi suatu perusahaan atau dunia usaha terus menjadi sorotan. Salah satu isu penting yang masih terus menjadi perhatian dunia usaha saat ini adalah soal tanggung jawab sosial perusahaan (Corporate Social Resposibility) atau yang disingkat CSR. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi Corporate Social Responsibility Program Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi (PUKK) yang dilaksanakan PT. PLN (Persero) APJ Semarang, (2) Mengetahui seberapa besar tingkat keberhasilan implementasi Corporate Social Responsibility Program Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi (PUKK) yang dilaksanakan PT. PLN (Persero) APJ Semarang, (3) Apa saja kendala yang dihadapi dalam implementasi Corporate Social Responsibility Program Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi (PUKK) PT. PLN (Persero) APJ Semarang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat yang mengikuti Program PUKK adalah pengusaha kecil yang masih kekurangan modal, mereka membutuhkan tambahan modal untuk mengembangkan usaha. Apresiasi masyarakat dengan adanya Program PUKK adalah sangat besar, ini terbukti dengan PT. PLN (Persero) APJ Semarang sejak tahun 2003 hingga tahun 2011 sebanyak 609 Warga Binaan telah mengikuti Program PUKK. Sampai saat ini sebanyak 356 Warga Binaan tidak bermasalah atau lancar dalam pengangsuran kredit, akan tetapi sebanyak 6 Warga Binaan masih bermasalah atau mengalami permasalahan dalam pengangsuran kredit dan hingga saat ini belum ada Warga Bianaan yang mengundurkan diri dari keikutsertaan Program PUKK. Sedangkan kendala yang dihadapi oleh Tim Kerja Program PUKK yaitu kurang terfokusnya dalam penanganan Program PUKK yaitu terkait dengan banyaknya Warga Binaan yang bermasalah yaitu macetnya kredit para Warga Binaan. Selain itu kurangnya personil yang menangani Program PUKK menyebabkan kurang maksimalnya jalannya Program PUKK. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Dengan adanya Program PUKK yang dijalankan oleh PT. PLN (Persero) APJ Semarang banyak para pengusaha kecil yang terbantu terutama dalam hal permodalan, (2) Apresiasi masyarakat dengan adanya Program PUKK adalah sangat besar, ini terbukti dengan banyaknya masyarakat yang mengikuti Program PUKK, (3) Kendala yang masih dihadapi oleh Tim Kerja Program PUKK yaitu terkait kurangnya personil yang menangani Program PUKK dan juga masih adanya kredit macet dari Warga Binaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Corporate Social Responsibility, Program Pembinaan Usaha Kecil dan Koperasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 08:15
Last Modified: 11 Jul 2012 08:15

Actions (login required)

View Item