Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dikantor (SAMSAT) Kota Semarang I”.

Tatah Prasetyo , 7450406548 (2011) Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dikantor (SAMSAT) Kota Semarang I”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor Dikantor (SAMSAT) Kota Semarang I”.) - Published Version
Download (320Kb)

    Abstract

    Melihat jumlah kendaraan yang ada di Kota Semarang I meningkat dari tahun ketahun diharapkan pemasukan pajak kendaraan juga bertambah namun kenyataanya pendapatan dearah melalui pajak kendaraan tidak meningkat. Jumlah kendaraan bermotor di Kota Semarang semakin bertambah dan bila dilihat dari keluhan-keluhan para pengunjung yang membayar pajak akan pelayanan serta sarana dan prasarana yang terjadi dikantor SAMSAT Kota Semarang I. Maka terdapat masalah dalam pelayanan yang diberikan kepada masyarakat tentang Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dikantor SAMSAT Kota Semarang I. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor dikantor SAMSAT Kota Semarang I, dan untuk mengetahui Kualitas Pelayanan dilihat dari Aspek Koordinasi Pelayanan, Aspek Kemampuan Petugas (SDM), Aspek Biaya dan Keadan Lingkungan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis Regresi untuk Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik terhadap Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor diperoleh model persamaan: Y = –6,568 + 2,602X. Persamaan tersebut diuji keberartiannya dengan uji t , dan hasilnya diperoleh t hitung 16,425 dengan probabilitas 0,00. Besarnya probabilitas tersebut lebih kecil dari taraf kesalahan yang digunakan yaitu 0,05, hal ini berarti bahwa koefisien model regresi tersebut signifikan. Oleh karena nilai probabilitas 0,00 < 0,05. Selain itu jika mendekati nol penerimaan pajak kendaraan meningkat atau bertambah. Berdasarkan diskripsi persentase dari 3 aspek terdapat 14 unsur. Dari 14 unsur tersebut hal-hal yang harus diperhatikan dan yang harus di evaluasi adalah aspek koordinasi pelayanan unsur kepastian jadwal pelayanan dengan nilai rata-rata 2,01. aspek kemampuan petugas (SDM) dengan rata-rata terendah adalah unsur kejelasan petugas pelayanan yaitu dengan skor 2,00. Sedangkan aspek biaya dan keadaan lingkungan unsur yang paling kecil adalah kepastian biaya pelayanan nilai rata-rata 2,18. Saran yang diberikan yaitu dengan adanya pengaruh penerimaan pajak kendaraan bermotor perlu memberikan pelatihan terhadap petugas agar petugas lebih hati-hati dalam melayani para wajib pajak dan meningkatkan kemampuan petugas dengan memberikan peluang menempuh pendidikan akademis yang lebih tinggi serta pelatihan teknis. Perbaikan yang dilakukan dengan meningkatkan pengawasan oleh masing-masing pimpinan secara efektif, dan perlu dibangun komitmen bersama untuk memberikan pelayanan yang berkualitas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pelayanan Publik, Penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor
    Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 11 Jul 2012 04:32
    Last Modified: 11 Jul 2012 04:32

    Actions (login required)

    View Item