Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan Terhadap Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia

Anggar Aditya Rahmi, 7250407115 (2011) Pengaruh Profitabilitas, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan dan Nilai Perusahaan Terhadap Praktik Perataan Laba Pada Perusahaan LQ45 Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perhatian pengguna laporan keuangan seringkali hanya ditujukan pada informasi laba tanpa memperhatikan bagaimana metode yang digunakan untuk menghasilkan laba tersebut. Hal ini mendorong terjadinya praktik perataan laba oleh manajemen perusahaan. Ketepatan informasi laba sangat penting bagi pengguna laporan keuangan, namun pada kenyataanya masih terdapat praktik perataan laba pada perusahaan publik di Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah profitabilitas, financial leverage, ukuran perusahaan dan nilai perusahaan mempengaruhi praktik perataan laba. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh profitabilitas, financial leverage, ukuran perusahaan dan nilai perusahaan terhadap praktik perataan laba pada perusahaan LQ45. Populasi penelitian ini adalah perusahaan LQ45 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2006-2009 yang berjumlah 82 perusahaan. Pengambilan sampel dengan metode purposive judgment sampling dihasilkan sampel sebanyak 26 perusahaan. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan teknik dokumentasi. Perusahaan dikelompokan dengan Indeks Eckel untuk mengetahui perusahaan perata laba dan bukan perata laba. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi logistik dengan α 0.05. Variabel independen dalam penelitian ini adalah profitabilitas (X1), financial leverage (X2), ukuran perusahaan (X3), dan nilai Perusahaan (X4). Variabel dependen dalam penelitian ini adalah perataan laba (Y). Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 12 dari 26 perusahaan sampel melakukan praktik perataan laba. Berdasarkan olah data dengan regresi logistik, nilai signifikansi profitabilitas sebesar 0.794, financial leverage sebesar 0.033, ukuran perusahaa sebesar 0.003, dan nilai perusahaan sebesar 0.843. Simpulan dari penelitian ini, profitabilitas dan nilai perusahaan tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba. Financial leverage berpengaruh negatif terhadap praktik perataan laba dan ukuran perusahaan berpengaruh positif terhadap praktik perataan laba. Saran yang berkaitan dengan penelitian ini yaitu: Investor hendaknya memeriksa laporan keuangan secara historis dan memperhatikan rasio keuangan perusahaan tersebut. Saran bagi penelitian selanjutnya agar peneliti menambah sampel, periode pengamatan dan variabel penelitiannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, Financial Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, dan Perataan Laba
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2012 00:01
Last Modified: 11 Jul 2012 00:01

Actions (login required)

View Item