Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility) Pada PerusahaanYang Terdaftar Di BEI Sebelum dan Sesudah Diberlakukannya UU No. 40 Tahun 2007 Tentang PT

Kenyo Amborowani , 7250407108 (2011) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial (Corporate Social Responsibility) Pada PerusahaanYang Terdaftar Di BEI Sebelum dan Sesudah Diberlakukannya UU No. 40 Tahun 2007 Tentang PT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Perusahaan tidak hanya dihadapkan pada tanggung jawab dalam perolehan keuntungan semata, tetapi juga harus memperhatikan tanggung jawab sosial dan lingkungannya. Sifatnya yang masih sukarela membuat tanggung jawab sosial perusahaan kurang dijalankan dengan baik. Sehingga pemerintah mengatur pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan di Indonesia dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apakah kepemilikan saham pemerintah, kepemilikan saham asing, tipe perusahaan, ukuran industri, dan profitabilitas mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan dan apakah ada perbedaan luas pengungkapan tanggung jawab sosial sebelum dan sesudah berlakunya Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas. Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2006-2008. Total sampel penelitian adalah 25 perusahaan, dengan tiga tahun pengamatan, yang diambil melalui teknik purposive sampling. Data yang digunakan berupa data sekunder. Metode pengujian penelitian ini melalui analisis regresi berganda dan uji beda paired sample t-test dengan bantuan program SPSS 18.0. Hasil pengujian regresi linier berganda menunjukkan secara simultan kelima variabel mempunyai nilai signifikansi sebesar 0.00. Secara parsial kepemilikan saham pemerintah mempunyai nilai signifikansi sebesar 0,92, kepemilikan saham asing sebesar 0,06, tipe perusahaan sebesar 0,00, ukuran perusahaan sebesar 0.00, profitabilitas sebesar 0,053. Hasil pengujian Paired Sample T-Test mempunyai signifikansi sebesar 0,00 dari tahun 2006-2008. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil simpulan bahwa secara simultan kepemilikan saham pemerintah, kepemilikan saham asing, tipe perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas signifikan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Secara parsial tipe perusahaan dan ukuran perusahaan signifikan berpengaruh terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial. Faktor regulasi pemerintah berpengaruh secara signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Saran bagi penelitian berikutnya agar pengujian variabel yang tidak signifikan dalam penelitian ini diganti dengan menggunakan proksi yang lain pada variabel yang sama, misalnya menggunakan leverage sebagai pengganti profitabilitas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Tanggung Jawab Sosial, kepemilikan saham pemerintah, kepemilikan saham asing, tipe perusahaan, ukuran perusahaan, profitabilitas.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 23:56
Last Modified: 10 Jul 2012 23:56

Actions (login required)

View Item