Analisis Pengaruh Nilai Tukar rupiah dan Harga Minyak Dunia Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010

Arie Pradana Putra, 7250407105 (2011) Analisis Pengaruh Nilai Tukar rupiah dan Harga Minyak Dunia Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2007-2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pasar modal di Indonesia merupakan pasar yang sedang berkembang (emerging market) yang dalam perkembangannya sangat rentan terhadap kondisi makroekonomi secara umum. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) merupakan cerminan dari kegiatan pasar modal secara umum. Indeks Harga Saham Gabungan merupakan nilai gabungan saham-saham perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang pergerakannya mengindikasikan kondisi yang terjadi di pasar modal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh faktor makroekonomi yaitu nilai tukar rupiah dan harga minyak dunia terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada tahun 2007-2010. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para investor, peneliti selanjutnya, dan juga masyarakat. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari IHSG, nilai tukar rupiah, harga minyak dunia pada periode 2007-2010. Penentuan sampel dalam penelitian ini yaitu menggunakan sampel jenuh, yaitu teknik penentuan sampel dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel sehingga diperoleh 48 sampel. Ada 3 (tiga) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Indeks Harga Saham Gabungan, (2) Nilai Tukar Rupiah, dan (3) Harga Minyak Dunia. Data dalam penelitian ini merupakan data kuantitatif yang dikumpulkan secara time series yang diambil berdasarkan studi pustaka maupun dengan mengakses finance.yahoo.com, www.bi.go.id, dan www.economagic.com. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis regresi linear berganda (multiple regression analysis model) dengan persamaan kuadrat terkecil (Ordinary Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara bersama-sama tidak ada pengaruh antara nilai tukar rupiah dan harga minyak dunia terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia periode 2007-1010, (2) Secara parsial tidak terdapat pengaruh antara nilai tukar rupiah terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia periode 2007-1010, dan (3) Secara parsial terdapat pengaruh negatif dan signifikan antara harga minyak dunia terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia periode 2007-1010. Hasil tersebut berdasarkan pada taraf kepercayaan 95%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai Tukar Rupiah, Harga Minyak Dunia, Indeks Harga Saham Gabungan
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 23:48
Last Modified: 10 Jul 2012 23:48

Actions (login required)

View Item