Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja keuangan (Studi Empiris Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang Tergolong Indeks LQ 45 Tahun 2006-2010)

Bisri Mustofa, 7250407091 (2011) Pengaruh Intellectual Capital Terhadap Kinerja keuangan (Studi Empiris Perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang Tergolong Indeks LQ 45 Tahun 2006-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pada era globalisasi dan pasar bebas sekarang ini, persaingan antar perusahaan semakin ketat, hanya perusahaan-perusahaan yang mampu berinovasilah yang mampu bertahan. Pengelolaan Intellectual Capital yang baik akan membuat perusahan mempunyai competitve adventages yang akan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah intellectual capital (VAIC™) berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan, apakah intellectual capital (VAIC™) berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa yang akan datang, dan apakah pertumbuhan intellectual capital (ROGIC) berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa yang akan datang, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh intellectual capital (VAIC™) terhadap kinerja keuangan perusahaan, pengaruh intellectual capital (VAIC™) terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa yang akan datang, dan pengaruh pertumbuhan intellectual capital (ROGIC) terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa yang akan datang. Populasi dalam penelitian ini adalah 88 perusahaa yang masuk di Bursa Efek Indonesia yang tergolong indeks LQ 45 selama periode 2006-2010, dengan metode purposive sampling diperoleh 20 perusahaan sebagia sampel. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Intellectual Capital (VAIC™) dan pertumbuhan IC (ROGIC), sedangkan variable dependennya adalah kinerja keuangan. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh intellectual capital (VAIC™) terhadap kinerja keuangan perusahaan, ada pengaruh intellectual capital (VAIC™) terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa yang akan datang, dan ada pengaruh pertumbuhan intellectual capital (ROGIC) terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa yang akan datang. Kesimpulan penelitian ini menemukan adanya : pengaruh IC (VAIC™) terhadap kinerja keuangan perusahaan, pengaruh IC (VAIC™) terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa yang akan datang, dan pengaruh pertumbuhan IC (ROGIC) terhadap kinerja keuangan perusahaan di masa yang akan datang. Saran untuk penelitian selanjutnya sebaiknya menggunakan sampel yang lebih banyak dan proksi untuk kinerja keuangan ditambah dengan market value perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Intellectual Capital (VAIC™), kinerja keuangan, LQ 45, Partial Least Square (PLS)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 23:25
Last Modified: 10 Jul 2012 23:25

Actions (login required)

View Item