Pengaruh Hubungan Komitmen Organisasi dan Keinginan Sosial Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran dengan Kinerja Manajerial

Nur Ayu Candry Oktaviani, 7250407050 (2011) Pengaruh Hubungan Komitmen Organisasi dan Keinginan Sosial Terhadap Hubungan Antara Partisipasi Anggaran dengan Kinerja Manajerial. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penyusunan anggaran merupakan bagian yang tidak dapat terpisahkan dalam sebuah organisasi, berbagai masalah mulai dari yang bersifat teknis hingga yang bersifat politis, sering dipertimbangkan dalam menyusun anggaran suatu organisasi. Terdapatnya masalah baik secara langsung maupun tidak langsung, akan berpengaruh pada kinerja manjerial suatu organisasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial pada PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng&DIY, apakah komitmen organisasi dapat memperkuat hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial pada PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng&DIY, dan apakah keinginan sosial dapat memperkuat hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial pada PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng&DIY. Sampel penelitian ini adalah 32 manajer pada PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng&DIY. Pengumpulan data daftar pertanyaan yang diadopsi dari peneliti terdahulu. Data yang dikumpulkan diolah dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan Moderating Regression Analysis (MRA) dengan uji selisih mutlak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi anggaran berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja manajerial PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng&DIY, komitmen organisasi mempperkuat hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial, dan keinginan sosial memperkuat hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi partisipasi anggaran maka semakin tinggi kinerja manajerial PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng&DIY. Komitmen organisasi dan keinginan sosial berhasil menjadi variabel moderating yang dapat memperkuat hubungan antara partisipasi anggaran dengan kinerja manajerial PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng&DIY. Masukan yang penting bagi manajer PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng&DIY bahwa partisipasi anggaran dapat meningkatkan kinerja manajerial PT. Pertamina (Persero) Pemasaran Wilayah Jateng&DIY.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi Anggaran, Kinerja Manajerial, Komitmen Organisasi, dan Keinginan Sosial
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 23:12
Last Modified: 10 Jul 2012 23:12

Actions (login required)

View Item