Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Anggota dan Calon Anggota Koperasi Simpan Pinjam JASA Cabang Purwokerto”

Tazauna Farisky Basit Pratama., 7350408027 (2012) Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Anggota dan Calon Anggota Koperasi Simpan Pinjam JASA Cabang Purwokerto”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Keberhasilan Kospin JASA sebagai kospin terbesar di Indonesia dan salah satu cabangnya berdiri di Purwokerto tak lepas dari manajemen yang baik dan kepercayaan masyarakat. Dari pencapaian target simpanan dan pinjaman Kospin JASA Purwokerto, realisasi target mengalami fluktuasi dan bahkan cenderung mengalami penurunan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota Kospin JASA Cabang Purwokerto baik secara parsial maupun secara simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota dan calon anggota Kospin JASA Cabang Purwokerto. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 96 anggota dan calon anggota, menggunakan teknik pengambilan sampling non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota baik secara parsial maupun simultan. Berdasarkan uji t, pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota secara parsial diperoleh nilai 3,662, sedangkan pengaruh nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota secara parsial diperoleh nilai 5,781. Secara simultan pengaruh kualitas pelayanan dan nilai pelanggan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota berdasarkan uji F diperoleh nilai 44,681. Penelitian ini menyimpulkan kualitas pelayanan dan nilai pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota dan calon anggota Kospin JASA Cabang Purwokerto baik secara parsial maupun simultan. Saran dari penelitian ini antara lain, dari aspek bukti fisik yang dinilai masih kurang Kospin JASA Purwokerto hendaknya merekondisi kondisi cat gedung bagian luar yang sudah mulai usang, merapikan tata ruang dan penambahan peralatan penunjang kegiatan operasional. Dari aspek indikator nilai kualitas / performa jasa, Kospin JASA Purwokerto harus meningkatkan kulitas SDMnya dengan mengikutsertakan karyawannya pada training-training yang diselenggarakan Kospin JASA Pusat secara berkala. Dari aspek kemanfaatan produk jasa, Kospin JASA Purwokerto harus lebih bisa menginformasikan produk simpanan maupun pinjamannya dengan cara mencetak brosur supaya produk yang dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhan anggota dan calon anggotanya

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan, Kepuasan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 23:10
Last Modified: 10 Jul 2012 23:10

Actions (login required)

View Item