Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009)

Siwit Listyaningsih, 7250407011 (2011) Pengaruh Karakteristik Perusahaan Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI Tahun 2009). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan pengungkapan wajib (mandatory disclosure). Dewasa ini perusahaan dituntut untuk mengungkapkan kegiatan yang dilakukan dalam rangka mengatasi dampak sosial yang mungkin muncul sebagai akibat dari kegiatan operasional perusahaan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, umur perusahaan, kepemilikan asing, leverage, dan profile) terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yairu berupa annual report perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling dan diperoleh 54 perusahaan sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data adalah dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dengan bantuan SPSS 16.0 for windows. Hasil regresi berganda dengan menggunakan tingkat signifikansi α = 5% menunjukkan hasil sebagai berikut: R2 = 0,376; signifikansi = 0,002. Hasil ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh karakteristik perusahaan (ukuran perusahaan, profitabilitas, ukuran dewan komisaris, umur perusahaan, kepemilikan asing, leverage, dan profile) terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) pada perusahaan manufaktur. Secara parsial ukuran perusahaan, kepemilikan saham oleh pihak asing dan rasio leverage berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), sedangkan untuk profitabilitas, umur perusahaan, ukuran dewan komisaris dan profile perusahaan tidak berpengaruh terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Berdasarkan hasil penelitian ini, penelitian yang akan datang disarankan untuk menggunakan variabel bebas yang lain, mengingat hasil Adjusted R2 sebesar 28,1% sehingga 71,9% lainnya masih dipengaruhi oleh variabel bebas yang lain. Penelitian yang akan datang juga disarankan untuk menambah cakupan perusahaan, dan tidak hanya terfokus pada perusahaan manufaktur saja, mengingat adanya pengelolaan perusahaan yang berbeda yang memungkinkan adanya pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) yang berbeda pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR), Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Ukuran Dewan Komisaris, Umur Perusahaan, Kepemilikan Asing, Leverage, Profile Perusahaan Manufaktur
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:48
Last Modified: 10 Jul 2012 22:48

Actions (login required)

View Item