Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas dan Profitabilitas terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman dengan Kategori Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia)

Duwi Nasution, 7250406560 (2011) Pengaruh Rasio Likuiditas, Aktivitas dan Profitabilitas terhadap Return Saham (Studi Pada Perusahaan Makanan dan Minuman dengan Kategori Industri Barang Konsumsi di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Return saham adalah hasil yang diperoleh dari investasi saham. Perusahaan tersebut berupaya meningkatkan laba dengan harapan memperoleh return saham tinggi namun kenyataannya return saham cenderung menurun. Hal ini tidak sesuai dengan esensi agency theory yang menyebutkan bahwa para equity holders mendelegasikan tanggung jawab untuk mengelola perusahaan kepada agents. Agents diharapkan dapat menggunakan kemampuan dan pengetahuan spesialis mereka dan sumberdaya ekonomik perusahaan untuk menghasilkan return atau laba yang setinggi mungkin untuk principals. Permasalahan penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara rasio keuangan terhadap return saham pada perusahaan makanan dan minuman dengan kategori industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman dengan kategori industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2009 yang berjumlah 39 perusahaan. Sampel penelitian ini adalah perusahaan makanan dan minuman dengan kategori industri barang konsumsi di Bursa Efek Indonesia tahun 2008-2009 yang berjumlah 29 perusahaan. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Data yang digunakan berupa data sekunder yang diambil dengan metode dokumentasi. Metode pengujian penelitian ini melalui analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS for windows release 16.0. Berdasarkan olah data regresi berganda, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji t untuk variabel curent ratio, total asset turnover dan return on asset lebih besar dari α = 0,05 secara berturut-turut sebesar 0,585 0,804 dan 0,409. Nilai signifikansi F-nya sebesar 0,749 artinya lebih besar dari α = 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah rasio keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap return saham. Sebaiknya peneliti selanjutnya tidak memakai rasio keuangan untuk memprediksi return saham, disarankan untuk memakai rasio lain misalnya rasio pasar. Rasio pasar menunjukkan harga pasar saham relatif terhadap nilai buku saham. Investor cenderung membeli saham di Pasar saham ketika harga saham relatif turun dan menjual saham ketika harga saham relatif naik sehingga sangat tepat untuk memprediksi return saham suatu perusahaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Return Saham, Current Ratio, Total Asset Turnover dan Return On Asset
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:42
Last Modified: 10 Jul 2012 22:42

Actions (login required)

View Item