Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada BRI di Eks Karesidenan Pekalongan

Fatkhur Rohman, 7250406036 (2011) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi pada BRI di Eks Karesidenan Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Tujuan dari pengukuran kinerja sistem informasi akuntansi (SIA) adalah untuk mengetahui berhasil atau tidaknya implementasi sistem informasi yang telah digunakan, juga untuk mengetahui apakah perlu dilakukan pengembangan sistem atau tidak. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini menggunakan kepuasan pengguna sistem sistem informasi akuntansi. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi sistem informasi akuntansi adalah partisipasi pengguna, dukungan manajemen puncak, serta formalisasi pengembangan sistem. Namun kebenaran mengenai pendapat ini perlu dibuktikan lewat sebuah penelitian secara parsial maupun simultan. Populasi adalah seluruh karyawan tetap BRI kantor cabang pusat di eks Karesidenan Pekalongan. Sampel berjumlah 39 karyawan yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan tiga variabel bebas yaitu partisipasi pengguna, dukungan manajemen puncak, dan formalisasi pengembangan sistem, serta satu variabel terikat yaitu kinerja sistem informasi akuntansi yang diukur melalui kepuasan pengguna. Metode pengumpulan data menggunakan penyebaran kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif persentase, metode regresi linier berganda, uji hipotesis, dan uji asumsi klasik. Hasil penelitian menunjukkan 38,46% kinerja sistem informasi akuntansi yang diukur menggunakan kepuasan pengguna berkategori tinggi, 38,46% partisipasi pengguna berketegori cukup tinggi, 41,03% dukungan manajemen puncak berkategori cukup tinggi, dan 46,16% formalisasi pengembangan sistem berktegori cukup tinggi. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa partisipasi pengguna, dukungan manajemen puncak, dan formalisasi pengembangan sistem berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja sistem informasi akuntans, baik secara parsial maupun simultan. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi BRI agar terwujudnya sistem informasi akuntansi yang dapat diterima penggunanya. Karenanya, dalam proses pengembangan sistem, sebaiknya pihak BRI tetap memperhatikan para pengguna untuk menciptakan kinerja SIA yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Sistem Informasi Akuntansi, Kepuasan Pengguna SIA, Partisipasi Pengguna, Dukungan Manajemen Puncak, dan Formalisasi Pengembangan Sistem Informasi
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 22:15
Last Modified: 10 Jul 2012 22:15

Actions (login required)

View Item