Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2007 – 2009

Ferdi Sulistyo, 3351405039 (2011) Analisis Pengaruh Rasio Likuiditas, Leverage, Aktivitas Dan Profitabilitas Terhadap Return Saham Pada Perusahaan Manufaktur Di BEI Tahun 2007 – 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Di pasar modal, surat berharga yang sering diperdagangkan adalah saham. Dengan membeli saham, investor berharap memperoleh return. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi return saham, diantaranya adalah likuiditas, leverage, aktivitas dan profitabilitas. Obyek penelitian ini adalah perusahaan yang bergerak dalam sektor manufaktur dan terdaftar di BEI dari tahun 2007 – 2009. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : apakah rasio likuiditas, leverage, aktivitas dan profitabilitas terhadap return saham berpengaruh secara simultan maupun parsial terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di BEI. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh rasio likuiditas, leverage, aktivitas dan profitabilitas terhadap return saham secara simultan maupun parsial terhadap return saham pada perusahaan manufaktur di BEI Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2007 – 2009. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2007 – 2009 dan berjumlah 66 perusahaan. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan Profitabilitas) dan variabel tidak bebas (Return Saham). Jenis datanya adalah data kuantitatif. Sumber datanya adalah data sekunder. Metode pengumpulan datanya dokumentasi Sedangkan metode analisis datanya terdiri dari : analisis linier regresi berganda dan pengujian hipotesis melalui uji – F dan uji – t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Likuiditas, Leverage, Aktivitas dan Profitabilitas berpengaruh terhadap return saham. Leverage berpengaruh terhadap return saham. Likuiditas, Aktivitas, dan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap return saham. Saran, sebaiknya perusahan berhati-hati dalam mengelola aktiva lancarnya (likuiditas), salah satunya adalah dengan memaksimalkan semua elemen pada aktiva lancar. Sebaikya hanya mencari pinjaman/hutang (leverage) apabila memang membutuhkannya dengan memprioritaskan kebutuhan yang paling penting atau menambah usaha yang dapat mendatangkan keuntungan jangka panjang. Sebaiknya perusahaan melakukan aktvitas lain yang menguntungkan, seperti menagih piutang sebelum jatuh tempo atau menjual aktiva tetap yang sudah tidak bermanfaat seperti ( mesin Pabrik ). Sebaiknya perusahaan lebih maksimal dalam meningkatkan kinerjanya, salah terutama dalam memperoleh laba yang optimal berarti ROAnya juga besar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Likuiditas, Leverage, Aktivitas, Profitabilitas dan Return Saham
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 21:53
Last Modified: 10 Jul 2012 21:53

Actions (login required)

View Item