Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009

FARIZ KHAMBALI, 3351404026 (2011) Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Struktur Modal Pada Perusahaan Manufaktur Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Modal sangat dibutuhkan dalam membangun dan menjamin kelangsungan perusahaan, disamping sumber daya mesin, material sebagai faktor pendukung. Suatu usaha pasti membutuhkan modal apalagi perusahaan tersebut berniat untuk melakukan ekspansi. Oleh karena itu, perusahaan harus menentukan berapa besarnya modal yang dibutuhkan untuk memenuhi atau membiayai usahanya dan masalah struktur modal menjadikan suatu masalah pokok yang menarik untuk diteliti. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi struktur modal, seperti struktur aktiva, peluang pertumbuhan, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah : Apakah Struktur Aktiva, Peluang Pertumbuhan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Struktur Modal secara parsial maupun simultan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh struktur aktiva, peluang pertumbuhan, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009 yang berjumlah 147 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2009 yang berjumlah 90 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Jenis datanya adalah sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi berganda. Hasil analisis dengan menggunakan SPSS Versi 13 menunjukkan bahwa : Struktur Aktiva berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal, Peluang Pertumbuhan tidak berpengaruh signifikan terhadap Struktur Modal, Profitabilitas berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Struktur Modal, Ukuran Perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Struktur Modal, Struktur Aktiva, Peluang Pertumbuhan, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Struktur Modal. Pengaruh tersebut sebesar 18,1% (Adjusted R Square).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Struktrur Aktiva, Peluang Pertumbuhan, Profitabilitas, Ukuran Perusahaan dan Struktur Modal
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 21:49
Last Modified: 10 Jul 2012 21:49

Actions (login required)

View Item