Penerapan Flash Swishmax untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kendal

Rosy Kamaya, , 7101407306 (2011) Penerapan Flash Swishmax untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang sama dalam kurun waktu yang lama akan membuat siswa merasa jenuh. Terlebih apabila materi membutuhkan pemahaman yang lama, hal ini mengakibatkan hasil belajar yang di peroleh siswa masih rendah. Untuk itu, dibutuhkan suatu alternatif media pembelajaran yang dapat membantu mengurangi kejenuhan siswa, salah satunya dengan media pembelajaran berbasis flash swishmax. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah flash swishmax mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan efektif dalam pembelajaran pada pokok bahasan jurnal penyesuaian mata pelajaran akuntansi di SMA Negeri 1 Kendal. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui solusi dari permasalahan yang ada. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS (1, 2, 3 dan 4) SMA Negeri 1 Kendal berjumlah 124 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, didapat kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Metode pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan tes. Pengujian hipotesis (Ha) 1 menggunakan uji paired sample T Test dan (Ha) 2 menggunakan uji independent sample T Test. Berdasarkan uji tahap akhir, diperoleh data berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama (homogen). Pengujian (Ha) 1 menggunakan paired sample t-test diperoleh nilai t hitung =2.842 > ttabel = 2.000 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata nilai tes antara sebelum dan setelah treatment di kelas eksperimen. Sedangkan pengujian (Ha) 2 menggunakan independent sample t test dapat disimpulkan jika nilai t hitung > t tabel, berarti rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Dari hasil analisis diperoleh signifikansi 0.000 > 0.005 yang artinya ada perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Karena nilai thitung positif maka rata-rata nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa flash swishmax mampu meningkatkan hasil belajar siswa dan terbukti efektif dengan ditunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar akuntansi pada pokok bahasan jurnal penyesuaian. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan media berbasis flash swishmax lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran dengan media hasil teknologi cetak. Oleh karena itu, guru disarankan menerapkan media pembelajaran berbasis flash swishmax pada pokok bahasan jurnal penyesuaian, serta menerapkan media ini pada pokok bahasan yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Flash Swishmax, Hasil Belajar, Jurnal Penyesuaian.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 20:53
Last Modified: 10 Jul 2012 20:53

Actions (login required)

View Item