Penyimpangan Perilaku Seksual Perempuan dalam Novel Saman Karya Ayu Utami

Ida Puspita Sari, 2150407022 (2011) Penyimpangan Perilaku Seksual Perempuan dalam Novel Saman Karya Ayu Utami. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Novel Saman bercerita tentang masalah seksual, khususnya pada bagian tokoh-tokoh perempuan. Adapun alasan peneliti menggunakan novel Saman untuk diteliti karena menyajikan hubungan manusia dengan Tuhannya, hubungan cinta kasih antara pria dan wanita, antara orang tua dan anak, antara sesama manusia, hubungan seks antara pria dan wanita. Cerita dalam novel Saman ini sarat akan unsur-unsur psikologi. Penelitian ini penting karena di dalamnya mencoba mengungkap perilaku-perilaku seksual dari para tokohnya. Penelitian ini aktual karena permasalahan tentang perilaku seksual pada zaman sekarang semakin banyak di masyarakat. Hal tersebut semakin memperbanyak tumbuhnya tingkah laku seksual, dari kasus yang sifatnya ringan sampai kasus yang sifatnya serius. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana bentuk-bentuk penyimpangan seksual dalam novel Saman karya Ayu Utami, (2) faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi penyimpangan seksual dalam novel Saman karya Ayu Utami. Berkaitan dengan masalah tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi bentuk-bentuk penyimpangan seksual dalam novel Saman karya Ayu Utami, dan mendeskripsi faktor-faktor yang melatarbelakangi penyimpangan perilaku seksual dalam novel Saman karya Ayu Utami. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi sastra. Pendekatan ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk serta faktor-faktor penyebab terjadinya perilaku penyimpangan seksual tokoh perempuan dalam novel Saman karya Ayu Utami. Sasaran penelitian dalam 0penelitian ini adalah bentuk-bentuk penyimpangan perilaku seksual dalam novel Saman karya Ayu Utami dan faktor-faktor yang menyebabkan penyimpangan perilaku seksual dalam novel Saman karya Ayu Utami, yang diterbitkan oleh penerbit Kepustakaan Populer Gramedia (KPG) Jakarta pada tahun 2008. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara mendeskripsikan tokoh kemudian dianalisis melalui pendekatan psikologi sastra. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tokoh-tokoh perempuan dalam novel Saman karya Ayu Utami mempunyai perilaku seksual yang menyimpang yaitu perzinaan, zoofilia, masturbasi, perkosaan, promiscuity, biseksual, dan aloerotisme. Faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya penyimpangan perilaku seksual dalam novel Saman karya Ayu Utami yaitu dorongan dari dalam diri, pengaruh lingkungan, pengaruh budaya dan kurangnya pemahaman tentang ajaran agama yang dianut. Berdasarkan hasil analisis, saran yang penulis sampaikan antara lain penelitian novel Saman dengan menggunakan teori psikologi sastra ini dapat dijadikan sebagai tambahan referensi bagi mahasiswa yang melakukan penelitian sejenis dan dapat dijadikan sebagai objek kajian dengan menggunakan teori-teori lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan psikologi sastra, perilaku seksual, abnormalitas seksual, seks bebas, bentuk penyimpangan perilaku seksual
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 10 Jul 2012 20:43
Last Modified: 10 Jul 2012 20:43

Actions (login required)

View Item