Perbedaan Hasil Belajar Belajar Antara Metode Diskusi Dan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X1 IPS Di SMAN 1 Subah Tahun Ajaran 2010/2011.

Muslikhul Azam, 7101407276 (2011) Perbedaan Hasil Belajar Belajar Antara Metode Diskusi Dan Metode Drill Pada Mata Pelajaran Akuntansi Siswa Kelas X1 IPS Di SMAN 1 Subah Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Hasil belajar adalah kemampuan yang diperloleh siswa sekolah melalui proses pembelajaran. Hasil belajar sendiri dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor yang dibahas dalam penelitian ini adalah daktor eksternal yaitu metode pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi awal di SMA Negeri 1 Subah diperoleh data bahwa pembelajaran akuntansi di kelas XI IS memiliki indikasi belajar yang rendah dan siswa masih terlihat kurang aktif hal ini, dapat terlihat dari hasil ulangan harian pokok bahasan persamaan dasar akuntansi dimana 56% siswa memiliki nilai dibawah KKM. Dengan adanya hal ini peneliti ingin melakukan penelitian yang tujuannya untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode metode diskusi pada kelas eksperimen dan metode drill pada kelas kontrol Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Tahun ajaran 2010/2011 dengan jumlah 139 siswa yang tersebar dalam 4 kelas. Setelah diketahui keempat kelas berangkat dari keadaan yang sama, maka diambil sample secara simple random sampling dan diperoleh kelas XI IS 4 sebagai kelas kontrol menggunakan metode drill dan kelas XI IS 2 sebagai kelas eksperimen menggunakan metode diskusi. Variable dari penelitian ini hasil belajar metode diskusi dan hasil belajar metode drill. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar akuntansi kelas eksperimen menggunakan metode diskusi yaitu 75,1714 dan rata-rata kelompok kontrol dengan menggunakan metode drill yaitu 66,4444, hasil uji t diperoleh thitung 6,015 lebih besar dari t table 1,995 artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen berbeda dengan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dari hasil belajar kelas kontrol, perbedaan hasil belajar disebabkan karena pembelajaran menggunakan metode diskusi menekankan pemecahan secara bersama-sama dalam kelompok sehingga berpengaruh terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan metode diskusi dan metode drill pada mata pelajaran akuntansi siswa kelas XI IS SMA Negeri 1 Subah. Berdasarkan hasil penelitian ini, penulis menyarankan di harapkan guru akuntansi terus mengembangkan model pembelajaran diskusi sebagai variasi model pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Metode Diskusi, Metode Drill.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jul 2012 03:18
Last Modified: 10 Jul 2012 03:18

Actions (login required)

View Item