Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Sepakbola Dalam Penjaskes Melalui Pendekatan Lingkungan Lahan Kosong di Hutan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedungjati 04 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajan 2010 / 2011

Imam Danto, 6102909199 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Permainan Sepakbola Dalam Penjaskes Melalui Pendekatan Lingkungan Lahan Kosong di Hutan Pada Siswa Kelas V SD Negeri Kedungjati 04 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajan 2010 / 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah model pembelajaran permainan sepakbola gawang tiga dalam penjasorkes melalui pendekatan lingkungan lahan kosong di hutan pada siswa kelas V SD Negeri Kedungjati 04 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangandari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan sepakbola gawang tiga), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (9 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan (30 siswa), (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola gawang tiga bagi SD Negeri Kedungjati 04 yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (9 siswa putra SD Negeri Kedungjati 04), dan uji lapangan (30 siswa SD Negeri Kedungjati 04). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 80,28 % (baik), ahli pembelajaran I 80% (baik), ahli pembelajaran II 82% (baik), uji coba kelompok kecil 71,44% (baik), dan uji coba lapangan 80,56% (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepak bola gawang tiga dapat digunakan bagi siswa SD Negeri Kedungjati 04 Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal. Berdasarkan hasil penelitian di atas,diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola gawang tiga ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 03:08
Last Modified: 09 Jul 2012 03:08

Actions (login required)

View Item