Pengembangan Pembelajaran Bola Kasti Melalui Permainan Bola Kasti Modifikasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pulorejo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011

Sholikhul Yulisetyo, 6102909189 (2011) Pengembangan Pembelajaran Bola Kasti Melalui Permainan Bola Kasti Modifikasi Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Pulorejo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini Bagaimana bentuk modifikasi permainan bola kasti yang sesuai dengan karakteristik siswa SD Negeri Pulorejo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran bola kasti melalui permainan bola kasti modifikasi bagi siswa SD Negeri Pulorejo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg dan Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa model permainan bola kasti modifikasi), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, (4) revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (16 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk akhir yang dilakukan oleh peneliti, (5) uji lapangan (26 siswa), (6) revisi produk akhir dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7) hasil akhir model pembelajaran bola kasti melalui permainan bola kasti modifikasi bagi siswa SD di Pulorejo yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (16 siswa SDN Pulorejo 02), dan uji lapangan (26 siswa SDN Pulorejo 02). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 85,33% (baik), ahli pembelajaran I 88% (baik), ahli pembelajaran II 84% (baik), uji coba kelompok kecil 90,83% (sangat baik), dan uji lapangan 90,12% (sangat baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bola kasti melalui permainan bola kasti modifikasi ini dapat digunakan bagi siswa SDN Pulorejo 02 Kabupaten Pati. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan agar guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar dapat menggunakan produk pembelajaran bola kasti melaui permainan bola kasti modifikasi ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahtraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:53
Last Modified: 09 Jul 2012 02:53

Actions (login required)

View Item