Minat siswa kelas IV SD Negei Kesuben 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dalam mengikuti pembelajaran keseimbangan gerak Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan sungai

Karso, 6102909108 (2011) Minat siswa kelas IV SD Negei Kesuben 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dalam mengikuti pembelajaran keseimbangan gerak Penjasorkes melalui pendekatan lingkungan sungai. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan bagaimana minat siswa terhadap model Pembelajaran keseimbangan gerak melalui pendekatan lingkungan sungai pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kesuben 01 di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal melalui pendekatan Lingkungan Sungai.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Kesuben 01 di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal melalui pendekatan lingkungan Sungai terhadap pelajaran Keseimbangan Gerak di sekolah Penelitian ini menggunakan metode dengan teknik kuesioner atau angket. Populasi dan sampel ada 2 subnyek penelitian.Pada uji coba sekala kecil menggunakan sempel sebanyak 10 siswa kelas 4 SD Negeri Yamansari 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal,dan pada pelaksanaan penelitian model pembelajaran keseimbangan gerak adalah seluruh siswa kelas 4 Sekolah Dasar Negeri Kesuben 01 di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal,sebanyak 41 anak. Variabel dalam penelitian ini yaitu minat siswa kelas 4, Sekolah Dasar Negeri Kesuben 01 di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal dalam mengikuti model pembelajaran keseimbangan gerak pada lingkungan sungai. Adapun teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dianalisis dengan statistik deskriptif prosentase Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap model pembelajaran keseimbangan gerak lingkungan sungai, siswa kelas IV, Sekolah Dasar Negeri Kesuben 01 di Kecamatan lebaksiu, pada indikator motifasi dan cita-cita diperoleh 70,73 % dengan kategori tinggi, pada indikator sikap guru/sekolah/keluarga diperoleh 65,85 % dengan kategori tinggi, pada indkator kepribadian siswa diperoleh 60,98 % dengan kategori tinggi dan pada indikator fasilitas dan lingkungan diperoleh 80,49 % dengan kategori Sangat tinggi. Dari perolehan motivasi dan cita-cita menunjukan model pembelajaran Kesetimbangan gerak sangat di minati oleh siswa kelasa IV SD Negeri Kesuben 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal. Pada indikator fasilitas dan lingkungan sebagian besar 85,71% Siswa menyatakan Fasilitas atau sarana prasarana olahraga yang dimiliki di sekolah sangat minim atau kurang memadahi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, siswa kelas 4 SD Negeri Kesuben 01 Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal mempunyai minat yang tinggi dalam mengikuti pembelajaran keseimbangan gerak.Peneliti mengharapkan agar orang tua ikut mendorong putra-putrinya memacu dalam mengikuti penjasorkes di sekolah dan kepada sekolah mengharap kelengkapan sarana prasaran pembelajaran penjasorkes perlu dipikirkan secara serius, agar pelaksanaan pembelajaran penjasorkes berjalan sesuai dengan tujuan kurikulum.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:44
Last Modified: 09 Jul 2012 02:44

Actions (login required)

View Item