Model Pengembangan Permainan Bola Tangan Dengan Pemanfaatan Area Pepohonan Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Keling Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012

Muhammad Subkhan, 6102909080 (2011) Model Pengembangan Permainan Bola Tangan Dengan Pemanfaatan Area Pepohonan Bagi Siswa Kelas V SD Negeri 1 Keling Kecamatan Keling Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran bola tangan melalui permainan bola tangan dengan pemanfaatan area pepohonan bagi siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu : (1) Melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi. Termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) Mengembangkan bentuk permainan berupa peraturan permainan bola tangan area pepohonan, (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (10 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) Uji coba lapangan (21 siswa), (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan, (7) Hasil akhir model pembelajaran bola tangan dengan pemanfaatan area pepohonan bagi siswa kelas V Sekolah Dasar yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa putra SD Negeri 1 Keling), dan uji lapangan (21 siswa SD Negeri 1 Keling). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah diskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas 84 % (baik), ahli pembelajaran I 86,7 % (baik), ahli pembelajaran II 84 % (baik), uji coba kelompok kecil 82 % (baik), dan uji lapangan 86 % (baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran bola tangan dengan pemanfaatan area pepohonan ini dapat digunakan bagi siswa SD Negeri 1 Keling kecamatan Keling Kabupaten Jepara. Berdasarkan hasil penelitian diatas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran bola tangan dengan pemanfaatan area pepohonan ini pada siswa dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:38
Last Modified: 09 Jul 2012 02:38

Actions (login required)

View Item