Pengembangan Model Pembelajaran Bermain Sepak Bola Menggunakan Gawang Kecil Di Area Persawahan Bagi Siswa SD Negeri Amongrogo 02 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun 2001

Itok Kurnianto, 6102909003 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Bermain Sepak Bola Menggunakan Gawang Kecil Di Area Persawahan Bagi Siswa SD Negeri Amongrogo 02 Kecamatan Limpung Kabupaten Batang Tahun 2001. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk pengembangan model pembelajaran bermain sepakbola gawang kecil di area persawahan siswa SDN Amongrogo 02 Kec. Limpung Kab. Batang? Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola menggunakan gawang kecil bagi siswa kelas IV dan V Sekolah Dasar dalam Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Metode penelitian ini adalah penelitian pengembangan model pembelajaran: (1) melalakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, observasi lapangan dan kajian pustaka, (2) mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan sepakbola menggunakan gawang kecil), (3) evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, (4) revisi produk pertama. revisi produk berdasarkan basil dan evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil. Revisi ini digunakan untuk perbaikan terhadap produk awal yang dibuat oleh peneliti, (5) uji lapangan, (6) revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, (7)hasil akhir modifikasi model permainan sepakbola menggunakan gawang kecil untuk siswa kelas IV dan V SD Negeri Amongrogo 02 yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli Pembelajaran), uji coba kelompok kecil (10 siswa putra putri Kelas IV dan V SD Negeri Amongrogo 02), dan uji lapangan ( 31 siswa Kelas IV dan V SD Negeri Amongrogo 02). Data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa. Tehnik analisis data yang digunakan adalah deskriptif presentase untuk mengungkap aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik yaitu, dari ahli Penjas 80 % (baik), ahli Pembelajaran I 82,67 % (sangat baik), ahli Permbelajaran II 85,33 % (baik), , uji coba kelompok kecil 95 % (sangat baik), dan uji lapangan 89,99 % ( baik). Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola menggunakan gawang kecil ini dapat digunakan bagi siswa kelas IV dan V. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru penjasorkes SD untuk menggunakan produk model pembelajaran sepakbola melalui permainan sepakbola menggunakan gawang kecil ini pada siswa siswa kelas IV dan V dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 09 Jul 2012 02:27
Last Modified: 09 Jul 2012 02:27

Actions (login required)

View Item