Minat Siswa Terhadap Pelajaran Penjasorkes Melalui Permainan Bentengan Siswa Kelas V SD Negeri Karangayu 02 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012

Denta Anggun Dwijaya, 6101407091 (2011) Minat Siswa Terhadap Pelajaran Penjasorkes Melalui Permainan Bentengan Siswa Kelas V SD Negeri Karangayu 02 Kota Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana minat siswa terhadap pembelajaran penjasorkes melalui Permainan bentengan kelas V SD Negeri Karangayu 02 kota Semarang tahun pelajaran 2011/ 2011. Sedangkan tujuan penelitian adalah untuk mengetahui minat siswa terhadap pembelajaran penjasorkes melalui permainan bentengan kelas V SD Negeri Karangayu 02 kota Semarang tahun pelajaran 2011/ 2011. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Karangayu 02 Kota Semarang yang berjumlah 120 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Karangayu 02 Kota Semarang yang berjumlah 40 siswa. dan Pengambilan sampel menggunakan Proposional Sampling. Sampling proporsi (Proposional sampling) dalam penelitian ini menggunakan cara ordinal atau tingkatan sama. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner atau angket. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan deskripsi persentase diperoleh data dari faktor intrinsik sebesar 80,00% yang berarti termasuk dalam kategori minat tinggi. Deskripsi faktor eksrinsik sebesar 77,50% termasuk dalam kategori minat tinggi. Dapat diberikan informasi bahwa minat siswa SD Negeri Karangayu 02 Kota Semarang terhadap modifikasi pada pembelajaran penjasorkes, setelah memperoleh perlakuan dengan melalui pembelajaran permainan bentengan diperoleh hasil bahwa minat siswa kelas V SD Karangayu 02 termasuk dalam kategori minat tinggi yaitu 78,60%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, ditemukan hasil yang memuaskan. sebagian besar siswa merasa senang dengan materi permainan bentengan. Dengan menerapkan permainan bentengan yang dimodifikasi, dengan ukuran lapangan yang kecil dan peralatan yang lebih menarik dan metode pembelajaran yang tepat, kreatif dan inovatif maka pembelajaran tetap berjalan dengan baik dan diminati oleh siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa minat siswa kelas V SD Negeri Karangayu 02 Kota Semarang terhadap pembelajaran penjasorkes melalui permainan bentengan termasuk dalam kategori tinggi dengan rata-rata prosentase 78,60%. 1) Pihak sekolah diharapkan memberi dukungan terhadap kegiatan pembelajaran penjasorkes agar kegiatan pembelajaran penjasorkes berjalan secara optimal sehingga siswa semakin berminat dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes. 2) Guru Penjasorkes diharapkan kreatif membuat model pembelajaran agar siswa tertarik dalam mengikuti pelajaran penjasorkes. 3) Para siswa diharapkan untuk bisa mempertahankan keaktifan dan semangatnya dalam mengikuti pembelajaran penjasorkes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat, Pembelajaran Penjasorkes
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 Jul 2012 21:40
Last Modified: 08 Jul 2012 21:40

Actions (login required)

View Item