Survei Proses Pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012

Hendra Arifiyanto, 6101407083 (2011) Survei Proses Pelaksanaan Pembelajaran Penjasorkes Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun Ajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Latar belakang, penjasorkes adalah suatu proses pembelajaran melalui aktifitas jasmani yang didesain untuk meningkatkan kebugaran jasmani, mengembangkan keterampilan motorik, pengetahuan dan perilaku hidup sehat dan aktif, sikap sportif, dan kecerdasan emosi. Permasalahan yang menjadi pusat perhatian dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun 2011/2012?. Tujuan penelitian ini adalah : untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran Penjasorkes di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal Tahun 2011/ 2012. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 27 guru penjasorkes. Sempel yang digunakan adalah seluruh guru yang mengajar penjasorkes di SDN se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal yaitu 27 guru penjasorkes. Teknik pengambilan sempel yang digunakan adalah total sempling yaitu seluruh populasi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket penelitian. Analisis data menggunakan deskriptif prosentase Berdasarkan hasil penelitian dapat digambarkan bahwa survei proses pelaksanaan pembelajaran penjasorkes Sekolah Dasar se-Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal dari perencanaan pembelajaran dengan prosentase 88,80% masuk dalam kategori sangat baik, pelaksanaan pembelajaran dengan prosentase 84,31% masuk dalam kategori sangat baik, dan evaluasi pembelajaran dengan prosentase 85% masuk dalam kategori sangat baik juga. Hasil yang didapat dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi adalah sangat baik. Dari hasil tersebut penulis dapat menyimpulkan, bahwa : Survei proses pelaksanaan pembelajaran Penjasorkes yang ditinjau dari perencanaan pembelajaran masuk kategori sangat baik, pelaksanaan pembelajaran masuk kategori sangat baik dan evaluasi pembelajaran juga masuk dalam kategori sangat baik. Maka proses pembelajaran penjasorkes di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal tahun 2011/2012 berlangsung dengan sangat baik.. Dari simpulan diatas dapat diajukan saran : 1) Perlu adanya perhatian dari pihak UPTD Kec. Sukorejo terutama bidang Penjasorkes untuk mengadakan pelatihan kompetensi kepada para guru, 2) Bagi Kepala Sekolah diharapkan bisa mengawasi dan memberi masukan yang bertujuan untuk memberi motivasi kepada guru penjasorkes dan para siswa dalam pembelajaran penjasorkes., 3) Bagi guru Penjasorkes dapat meningkatkan profesionalisme guru dan mutu dalam pelaksanaan pembelajaran penjasorkes agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 Jul 2012 21:34
Last Modified: 08 Jul 2012 21:34

Actions (login required)

View Item