Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes Melalui Modifikasi Permainan Sepakbola pada Siswa Kelas V MI Islamiyah Pasarbatang Brebes

Faizal Afrilianto, 6101407048 (2011) Pengembangan Model Pembelajaran Penjasorkes Melalui Modifikasi Permainan Sepakbola pada Siswa Kelas V MI Islamiyah Pasarbatang Brebes. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan pernelitian ini adalah bagaimana pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui modifikasi permainan sepakbola yang disesuaikan dengan karakteristik siswa dan ketersediaan sarana dan prasarana yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran penjasorkes melalui modifikasi permainan sepakbola pada siswa kelas V MI Islamiyah Pasarbatang Brebes. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan berbasis penelitian (research-based development) dengan langkah-langkah: 1) Melakukan penelitian pendahuluan dan mengumpulkan informasi termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka, 2) Mengembangkan produk awal yang berupa peraturan permainan sepakbola yang dimodifikasi, 3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan satu ahli pembelajaran serta uji coba keolmpok kecil dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis, 4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil evaluasi ahli dan uji kelompok kecil. Revisi ini digukanan sebagai perbaikan terhadap prodak awal yang dibuat oleh peneliti, 5) Uji lapangan, 6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji lapangan, dan 7) Hasil akhir model modifikasi permainan sepakbola untuk siswa kelas V MI Islamiyah Pasarbatang Kabupaten Brebes yang dihasilkan melelui revisi uji lapangan. Hasil penilaian ahli sepakbola dan ahli pembelajan penjas menunjukkan produk awal modifikasi permainan sepakbola yang telah dibuat dinyatakan telah baik walaupun masih perlu direvisi pada bagian-bagian tertentu. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil menunjukkan tanggapan pada produk modifikasi permainan sepakbola sudah baik (76%). Hasil uji coba lapangan menunjukkan tanggapan pada produk modifikasi permainan sepakbola sudah baik (79%). Sedangkan dari pengukuran denyut nadi saat uji coba kelompok kecil maupun uji coba lapangan menunjukkan peningkatan yang berarti. Simpulan dari penelitian ini yaitu pengembangan produk modifikasi permainan sepakbola layak digunakan untuk bahan pembelajaran karena mendapat penerimaan secara baik oleh siswa dan dapat meningkatkan aktivitas siswa selama pembelajaran. Oleh karena itu dapat diajukan saran: 1) Guru penjasorkes hendaknya mempertimbangkan penggunaan produk modifikasi permainan sepakbola sebagai alternatif dalam menyampaikan pembelajaran sepakbola pada kelas IV Sekolah Dasar sehingga tujuan dari pembelajaran tersebut akan tercapai, dan 2) Dalam permainan ini tentulah tidak sepenuhnya sempurna dan masih perlu adanya sebuah pengembangan yang lebih lanjut yang tentunya disesuaikan dengan kondisi fasilitas yang tersedia di sekolah, sehingga produk modifikasi pembelajaran permainan sepakbola ini dapat digunakan lebih efektif lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 08 Jul 2012 21:31
Last Modified: 08 Jul 2012 21:31

Actions (login required)

View Item