Program Latihan Berdasarkan Potret Kapasitas Vital Paru Dan VO2 Maks Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) PERSIK Kendal Tahun 2010

Khoiril Anam, 6250406003 (2011) Program Latihan Berdasarkan Potret Kapasitas Vital Paru Dan VO2 Maks Siswa Sekolah Sepak Bola (SSB) PERSIK Kendal Tahun 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana program latihan yang effisien berdasarkan potret kapasitas vital paru dan VO2 maks pada siswa SSB Persik Putra Kendal U-15 tahun 2010?. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui data mengenai kapasitas vital paru dan VO2 Maks dan menciptakaan program latihan berdasarkan potret kapasitas vital paru dan VO2 Maks siswa SSB Persik Putra Kendal U-15 tahun 2010. Penelitian deskriptif dengan teknik survei tes ini menggunakan populasi seluruh siswa SSB Persik Putra Kendal U-15 yang berjumlah 20 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian dengan teknik total sampling. Variabel yang dikaji dalam penelitian ini yaitu prodak program latihan berdasarkan potret kapasitas vital paru dan VO2 Maks pada siswa SSB Persik Putra Kendal U-15. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu intrumen tes kapasitas vital paru dan instrumen tes VO¬2 Maks. Metode pengumpulan data menggunakan teknik tes dan pengukuran. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui program latihan yang dapat diberikan pada siswa sekolah sepakbola (SSB) PERSIK Kendal tahun 2010 untuk meningkatkan daya tahan (endurance) yang berdasarkan tes awal baru dalam kategori sedang adalah lari balke yang difariasi dengan endurance anaerob yang terprogram dalam program latihan mikro selama 2 bulan yang di dalamnya berisi program latihan persiapan umum selama 1 bulan dan program latihan persiapan khusus yang juga dilakukan selama 1 bulan. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu latihan lari balke dan difariasi dengan endurance anaerob yang terprogram dalam program endurance mikro selama 2 bulan yang meliputi latihan persiapan umum selama 1 bulan dan latihan persiapan khusus selama 1 bulan dapat meningkatkan daya tahan atau endurance siswa sekolah sepakbola (SSB) PERSIK Kendal tahun 2010 minimal ke tingkat sedang atau satu tingkat lebih baik dari seelumnya yang dalam kategori kurang. Mengacu dari hal tersebut maka penulis dapat mengajukan saran : 1) Bagi pelatih sekolah sepakbola (SSB) PERSIK Kendal dapat mengaplikasikan program latihan fisik ini secara berkelanjutan agar pemain memiliki kemampuan fisik yang prima sehingga dapat berlatih maupun bertanding secara optimal tanpa harus mengalami kelelahan, 2) Bagi siswa sekolah sepakbola (SSB) PERSIK Kendal, hendaknya lebih serius dalam mengikuti program latihan fisik yang diberikan pelatih agar mencapai kemampuan fisik yang baik guna menunjang pencapain prestasi yang mereka inginkan, dan 3) Bagi peneliti lain yang tertarik melakukan penelitian sejenis dapat menindaklanjuti hasil penelitian ini dengan melihat pengaruh pemberian program latihan fisik terhadap kapasitas vital paru dan VO2 Maks siswa sekolah sepakbola (SSB) PERSIK Kendal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Ilmu Keolahragaan, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 06 Jul 2012 18:49
Last Modified: 06 Jul 2012 18:49

Actions (login required)

View Item