Penerapan Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Eletric Power Steering Pada Mahasiswa D3 Otomotif Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang

Mujianto. , 5201407062 (2011) Penerapan Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kompetensi Eletric Power Steering Pada Mahasiswa D3 Otomotif Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Electric Power Steering (EPS) merupakan teknologi yang baru, sehingga masih banyak sekolah pendidikan yang belum memberikan kompetensi mengenai electric power steering, dikarenakan masih minimnya bahan ajar, peraga, buku atau modul pembelajaran yang membahas khusus tentang Electric Power Steering (EPS). Dengan menggunakan media peraga, pembelajaran menjadi lebih jelas dan mahasiswa tidak hanya membayangkan dalam pembelajaran.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar dengan penerapan peraga pembelajaran sebagai media pembelajaran terhadap kompetensi electric power steering pada mahasiswa D3 Otomotif Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang tahun ajaran 2010/2011 semester 4, rombel 2 yang terdiri dari 31 mahasiswa. Penelitian tindakan kelas ini dirancang dengan dua siklus dengan menerapkan prosedur kerja dari Kemmis dan Mc. Taggart. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi, analisis data dengan teknik deskripsi analitik. Hasil penelitiaan diperoleh, bahwa terjadi peningkatan hasil belajar. Pengujian peningkatan hasil belajar dilakukan dengan cara deskriptif presentase yaitu membandingkan selisih antara nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I dengan nilai rata-rata hasil belajar pada siklus II. Selisih nilai rata-rata siklus I dan siklus II yaitu 23,37, jadi peningkatan hasil belajar mahasiswa sebesar 47,82 % . Saran yang dikemukakan adalah, penggunaan peraga pembelajaran dapat meningkatkan pemahaman mahasiswa, maka sebaiknya untuk mata kuliah yang sifatnya aplikatif digunakan peraga pembelajaran untuk membantu mahasiswa dalam memahami materi yang diberikan oleh dosen. .

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, peraga, electric power steering
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 21:42
Last Modified: 05 Jul 2012 21:42

Actions (login required)

View Item