Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Geografi dalam Persiapan Ujian Nasional dan Respon Siswa Kelas XII Jurusan IPS Semester 2 SMA Al-Irsyad Kota Tegal

Rizal Ardianto, 3201405007 (2011) Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Geografi dalam Persiapan Ujian Nasional dan Respon Siswa Kelas XII Jurusan IPS Semester 2 SMA Al-Irsyad Kota Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Khusus untuk para siswa yang akan menghadapi Ujian Nasional (UN), maka sekolah membuat kebijakan-kebijakan yang berkaitan dengan peningkatan pemahaman materi terhadap peserta didik di sekolah. Kebijakan-kebijakan yang diupayakan oleh pihak sekolah dimaksudkan agar para siswa mampu memahami materi, menjawab pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan mata pelajaran geografi, dan mampu mengaplikasikan materi yang telah didapat untuk kepentingan masyarakat. Beberapa kebijakan yang dilakukan oleh pihak sekolah antara lain; (1) menambah jam pelajaran bagi siswa yang akan menghadapi ujian nasional, (2) memperdalam materi pelajaran, (3) mengefektifkan kegiatan belajar mengajar dengan dengan sistem tanya jawab atau latihan soal, (4) mengadakan pertemuan wali murid untuk diberikan pengarahan dan penjelasan mengenai ujian nasional, (5) memberikan motivasi dan arahan kepada siswa yang akan mengikuti ujian nasional, (6) mengadakan doa bersama yang diikuti oleh guru dan para siswa. Kemudian pada mata pelajaran geografi yang merupakan salah satu mata pelajaran yang akan diujikan pada ujian nasional tingkat SMA jurusan IPS, kendala yang sangat dirasakan oleh siswa maupun guru sebagai penyampai materi kepada siswa adalah mata pelajaran geografi tingkat SMA memiliki cangkupan yang sangat luas. Disamping itu sekolah-sekolah yang ada di Kota Tegal pada umumnya kurang memfasilitasi alat-alat peraga untuk menunjang pemahaman materi khususnya mata pelajaran geografi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XII jurusan IPS dan guru Geografi SMA Al-Irsyad Kota Tegal. Variabel dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang digambarkan dengan kinerja guru (kemampuan guru dalam merencanakan pembelajaran, keterampilan melaksanakan kegiatan pembelajaran, kemampuan menjalin hubungan dengan siswa), aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi. Metode observasi untuk merupakan teknik pengumpulan data yang menggunakan pengamatan terhadap obyek penelitian. Metode wawncara digunakan untuk memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara pewawancara dan responden Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh data atau dokumen baik secara visual maupun catatan dari sekolahan tentang banyaknya siswa yang diteliti serta banyaknya guru geografi yang mengampu, dan perangkat yang digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Mata Pelajaran Geografi dalam Persiapan Ujian Akhir Nasional dan Respon Siswa Kelas
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 03:09
Last Modified: 05 Jul 2012 03:09

Actions (login required)

View Item