Pengaruh Penggunaan Funny Biology Module Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Kelas XI MA Al-Irsyad Demak.

Citra Putri.Pertiwi, , 4401407007 (2011) Pengaruh Penggunaan Funny Biology Module Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Pencernaan Kelas XI MA Al-Irsyad Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran Biologi materi sistem pencernaan makanan di MA Al-Irsyad Demak tahun 2010/2011 belum menggunakan media pembelajaran yang bervariasi, organ pencernaan tidak dapat diamati secara langsung tanpa media/alat bantu sehingga membuat siswa sulit untuk memahami materi tersebut, dan berakibat terhadap hasil belajar yang kurang optimal. Permasalahan tersebut dalam penelitian ini diatasi dengan pemanfaatan Funny Biology Module sebagai media penyajian materi dalam pembelajaran sistem pencernaan makanan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa dalam pembelajaran materi Sistem Pencernaan dengan menggunakan media Funny Biology Module. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester gasal dengan sampel dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini yaitu pembelajaran menggunakan media Funny Biology Module (FBM) pada materi sistem pencernaan sebagai variabel bebas, hasil belajar dan aktivitas siswa pada pembelajaran sistem pencernaan sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan rancangan Post-Test Only Control Design. Rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen dan kontrol berturut-turut sebesar 78,12 dan 70,70. Berdasarkan hasil uji perbedaan rata-rata hasil belajar diperoleh thitung = 3,768 ttabel = 1,67. Hal ini berarti ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal kelas eksperimen dan kelas kontrol berturut-turut adalah 88,24% dan 67,65%. Secara klasikal aktivitas siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol, baik aktivitas diskusi maupun praktikum, yaitu 85,29% dan 61,76% untuk diskusi dan 73,53% dan 55,88% untuk praktikum. Hasil belajar dan aktivitas siswa kelas eksperimen yang menerapkan media Funny Biology Module lebih tinggi daripada kelas kontrol yang menerapkan pembelajaran dengan metode ceramah. Penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media Funny Biology Module sebagai media penyajian materi dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa MA Al-Irsyad Demak tahun ajaran 2010/2011 pada pembelajaran sistem pencernaan makanan. Pemanfaatan Funny Biology Module dapat dipertimbangkan sebagai suatu alternatif media pembelajaran yang mampu meningkatkan kualitas pembelajaran biologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: funny biology module, aktivitas siswa,hasil belajar siswa, sistem pencernaan makanan.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH426 Genetics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jul 2012 02:39
Last Modified: 05 Jul 2012 02:39

Actions (login required)

View Item