Kinerja Guru Geografi Bersertifikat dalam Pembelajaran Geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012

Tri Sulistyowati, 3201407040 (2011) Kinerja Guru Geografi Bersertifikat dalam Pembelajaran Geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Jepara Tahun Pelajaran 2011/2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Kinerja guru adalah aktivitas yang ditunjukkan oleh guru kaitannya dengan tugas dan tanggung jawabnya sebagai seorang guru dalam proses pembelajaran. Kinerja seorang guru dalam pembelajaran dapat dilihat dari indikator perencanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran. Dalam pembelajaran, guru geografi khususnya yang bersertifikat dituntut memiliki kemampuan yang tinggi dalam merumuskan tujuan, memilih materi geografi sebagai pokok bahasan secara serasi dengan tujuan tadi, dan memiliki kemampuan dalam memanfaatkan serta menggunakan segala aspek yang menunjang pencapaian dari tujuan pengajaran geografi tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja guru geografi bersertifikat dalam pembelajaran geografi pada SMA Negeri di Kabupaten Jepara tahun pelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini adalah guru geografi bersertifikat pendidik pada SMA Negeri di Kabupaten Jepara yang berjumlah 8 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling adalah sampel dilakukan dengan mengambil secara keseluruhan dari jumlah populasi yang ada yaitu 8 orang guru geografi bersertifikat. Metode dalam pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan metode deskriptif persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru geografi bersertifikat dalam pembelajaran geografi termasuk dalam kriteria baik dengan rincian tahap perencanaan pembelajaran (silabus) berkriteria baik dengan skor 93,75%,untuk perencanaan pembelajaran (RPP) berkriteria baik dengan skor 89,75% namun di beberapa sekolah masih membuat RPP tanpa mencantumkan alokasi waktu untuk setiap kegiatan pembelajaran dan kebanyakan seperti SMAN 1 Bangsri, SMAN 1 Welahan, SMAN 1 Tahunan masih menggunakan RPP yang dibuat pada forum MGMP. Tahap pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dengan skor 89,12%, namun masih terdapat beberapa guru yang belum menguasai penggunaan media pembelajaran khususnya yang berbasis IT dan hanya guru geografi pada SMAN 1 Jepara dan SMAN 1 Pecangaan yang sudah menggunakan media pembelajaran berbasis IT. dalam menindaklanjuti kegiatan pembelajaran selanjutnya sebagian besar guru pada SMA Negeri di Kabupaten Jepara masih mengabaikan hal tersebut. Saran bagi guru geografi bersertifikat diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya baik dalam perencanaan pembelajaran maupun dalam pelaksanaan pembelajaran. Dalam perencanaan pembelajaran diharapkan guru dapat membuat sendiri dan harus memperhatikan prinsip-prinsip penyusunan RPP yang sudah ditetapkan pemerintah saat ini. Guru geografi bersertifikat diharapkan dapat mempelajari penggunaan media berbasis IT dalam penunjang kegiatan pembelajaran. Kepada pemerintah diharapkan dapat lebih selektif dalam proses sertifikasi khususnya pada tes tertulis serta pada tes kinerja, agar kualitas guru yang dihasilkan benar-benar terbaik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kinerja, Pembelajaran, Guru Geografi Bersertifikat
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 01:51
Last Modified: 05 Jul 2012 01:51

Actions (login required)

View Item