Analisis Tingkat Pelayanan Jalan (Level of Service) pada jalan raya Weleri dan arteri Weleri Tahun 2011 di Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal

Hasanudin, 3250406031 (2011) Analisis Tingkat Pelayanan Jalan (Level of Service) pada jalan raya Weleri dan arteri Weleri Tahun 2011 di Kecamatan Weleri Kabupaten Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Lalu lintas adalah bagian dari sistem transporatsi yang memiliki peranan yang sangat penting dalam mendukung pembangunan. Transportasi yang baik sangat dibutuhkan dalam menjamin terselenggaranya mobilitas penduduk maupun barang dan jasa baik secara lokal, regional, nasional, bahkan internasional sehingga dengan tersedianya sistem transportasi ini mampu meningkatkan berbagai aktifitas ekonomi dalam suatu wilayah. Tingkat pelayanan jalan adalah Ukuran kuantitatif volume per kapasitas yang menggambarkan kondisi operasional seperti kecepatan, waktu perjalanan, kebebasan bergerak, keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam arus lalu lintas serta penilaian pengemudi terhadap kondisi arus lalu lintas.Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Berapa volume lalu lintas yang dapat di hitung di Jalan Raya Weleri dan Arteri Weleri. (2) Bagaimana tingkat pelayanan Jalan Raya Weleri dan Arteri Weleri. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1)Mengetahui berapa volume lalu lintas yang di hitung dalam Jalan Raya Weleri dan Arteri Weleri. (2) Mengetahui berapa tingkat dan karakteristik pelayanan Jalan Raya Weleri dan Arteri Weleri. Populasi dalam penelitian ini adalah jaringan jalan yang ada di Kecamatan Weleri terdiri atas Arteri Weleri (Arteri road), Raya Weleri (Major road), Weleri-Sukorejo (Lokal Primer), Gemuh-Weleri (Lokal Primer), dan Jalan Lokal sedangkan sampelnya adalah jalan Arteri Weleri (lingkar weleri) dan Jalan Raya Weleri Kecamatan Weleri Kabupaten KendalJawa Tengah. Adapun variabelnya terdiri dari (1) Tingkat pelayanan jalan meliputi: Panjang jalan, Lebar jalan, Kapasitas praktis ruas jalan, Jenis kendaraan, Jumlah kendaraan dan SMP. (2) Volume Lalu lintas meliputi: Jumlah Sedan, Bus, Truk, Sepeda motor, Sepeda kayuh, dan Becak. (3) Karakteristik pelayanan lalu lintas. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Survei Traffic counting (perhitungan lalu lintas) dan Metode Spot Speed serta didukung dengan Dokumentasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah teknik analisis Deskriftif Kuantitatif untuk mengetahui Tingkat Pelayanan (Level of Service). Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas di Jalan Raya Weleri arah Timur ke Barat hari Sabtu adalah: 8573.25 smp/jam, hari Minggu: 7259.05 smp/jam , hari Senin: 7876 smp/jam kemudian dari arah Barat ke Timur hari Sabtu adalah: 7065.5 smp/jam, hari Minggu: 6515.35 smp/jam, hari Senin: 6748.85 smp/jam, dengan catatan setiap tahunnya meningkat 186 smp/jam apabila di bandingkan dengan data DISHUB tahun 2006 yang hanya berjumlah 2257 smp/jam, jadi puncak perjalanan terjadi pada jalan raya Weleri hari Senin dengan nilai 670,4 smp/jam pada pukul 17.00-18.00 WIB arah Timur ke Barat sedangkan pada Jalan Arteri Weleri arah Timur ke Barat hari Sabtu adalah: 4543 smp/jam, hari Minggu: 5136 smp/jam, hari Senin: 4677 smp/jam, kemudian pada jalan Arteri Weleri arah Barat ke Timur hari Sabtu adalah: 5651 smp/jam, hari Minggu: 5830 smp/jam, hari Senin: 4072 smp/jam dengan rata-rata volume setiap harinya kendaraan yang melintas 4985 smp/jam.Dari hasil penelitian pada hari Sabtu, Minggu dan Senin nilai rata-rata Tingkat Pelayanan Jalan (LOS) pada Jalan Raya Weleri adalah termasuk dalam golongan B dengan karakteristik arus stabil, pengemudi memiliki kebebasan untuk beralih jalur (manuver) sedangkan Tingkat Pelayanan Jalan (LOS)pada Arteri Weleri adalah termasuk dalam golongan A dengan karakteristik arus bebas dengan kecepatan tinggi, volume lalu lintas rendah, serta pengemudi bebas memilih kecepatan yang diinginkan ( tanpa hambatan ). Saran dalam penelitian ini antara lain: 1) Sesuai dengan jumlah kendaraan yang melintas setiap harinya dan untuk memperlancar arus lalu lintas terutama di Jalan Raya Weleri, maka bahu kanan kiri jalan tidak boleh untuk lahan parkir atau berjualan. 2) Perlu penambahan rambu larangan oleh pihak yang berwajib mengenai kendaraan-kendaraan besar yang melebihi beban kapasitas jalan yang melintas di Jalan Raya Weleri terutama di jam-jam sibuk.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis, tingkat pelayanan jalan
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GB Physical geography
G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Geografi, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 05 Jul 2012 00:28
Last Modified: 05 Jul 2012 00:28

Actions (login required)

View Item