Analisis Tenaga Kerja, Ikan Mentah, Tungku, dan Tempurung Kelapa terhadap Hasil Produksi Sentra Unit Usaha Kecil Pengasapan Ikan Skala Rumah Tangga (Studi Kasus di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara

Andyka Rakhman, 335340404527 (2011) Analisis Tenaga Kerja, Ikan Mentah, Tungku, dan Tempurung Kelapa terhadap Hasil Produksi Sentra Unit Usaha Kecil Pengasapan Ikan Skala Rumah Tangga (Studi Kasus di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Satu usaha pengolahan ikan yang Potensial di Kota Semarang adalah pengasapan ikan atau pemanggangan ikan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh antara faktor produksi tenaga kerja, ikan mentah, tungku, dan bahan bakar tempurung kelapa terhadap produksi ikan asap di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara?; (2) Seberapa besar kontribusi faktor produksi tenaga kerja, ikan mentah, tungku, dan bahan bakar tempurung kelapa terhadap produksi ikan asap di Kelurahan Bandarharjo Kecamatan Semarang Utara?; Sedangkan tujuan penelitian adalah: (1) Untuk mengetahui Adakah pengaruh faktor produksi tenaga kerja, ikan mentah, tungku, dan bahan bakar tempurung kelapa terhadap produksi ikan asap di Kota Semarang; (2) Untuk mengetahui Seberapa besar kontribusi faktor produksi tenaga kerja, ikan mentah, tungku, dan bahan bakar tempurung kelapa terhadap produksi ikan asap di Kota Semarang Populasi yang dimaksud dalam penelitian ini adalah seluruh tenaga kerja di Industri rumah tangga Pengasapan ikan di Kecamatan Semarang Utara. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 170 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 63 orang, yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil uji regresi menunjukkan variabel tenaga kerja, ikan mentah, tungku, dan tempurung kelapa memiliki pengaruh positif terhadap jumlah produksi pengasapan ikan. Hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan variabel tenaga kerja, ikan mentah, tungku, dan tempurung kelapa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah produksi usaha pengasapan ikan, dengan nilai signifikansi t masing-masing variabel lebih rendah dari 0,05 (=5%) sehingga hipotesis secara parsial yang telah dirumuskan dapat diterima atau terbukti kebenarannya. Hasil uji hipotesis dengan uji F menunjukkan secara simultan atau bersama-sama variabel tenaga kerja, ikan mentah, tungku, dan tempurung kelapa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah produksi usaha pengasapan ikan, dengan nilai signifikansi F sebesar 0,000 lebih rendah dari 0,05 (=5%) sehingga hipotesis yang dirumuskan sebelumnya dapat diterima. Dari persamaan regresi Y =-1,075 + 0,032X1 + 0,074X2 + 0,202X3 + 0,280X4 menunjukkan pengaruh Tenaga Kerja, Ikan Mentah, Tungku, dan Tempurung Kelapa Terhadap hasil Produksi pengasapan ikan dimana dari persamaan tersebut menunjukan ada pengaruh yang signifikan positif dari masing –masing variabel.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tenaga Kerja, Ikan Mentah, Tungku, Tempurung Kelapa, dan Hasil Produksi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Ekonomi Pembangunan, S1
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jul 2012 22:34
Last Modified: 03 Jul 2012 22:34

Actions (login required)

View Item